Pemanfaatan Limbah Gabah yang Menguntungkan

Pemanfaatan limbah gabah – Limbah atau sisa pembuangan kerap kali menjadi masalah besar bagi sebagian orang yang kesulitan untuk membuang limbah tersebut. Selain bingung akan dibuang kemana limbah tersebut, jumlah dari limbah menjadi salah satu hambatan yang sering dialami oleh masyarakat. Limbah gabah misalnya. Limbah yang berasal dari sisa-sisa penggilingan padi ini menjadi salah satu limbah yang kerap membingungkan masyarakat. Mereka lebih memilih membiarkan limbah padi tersebut berserakan di pinggiran sawah. Padahal jika mereka memiliki pengetahuan akan manfaat dari gabah, mereka akan mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan limbah menjadi barang yang bernilai ekonomis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan gabah tersebut adalah dengan mengubah limbah gabah menjadi bahan bakar briket. Tidak hanya itu, limbah gabah juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menjernihkan air, mengikat zat warna dan sebagai bahan pembangkit listrik.

Pemanfaatan Limbah Gabah yang Menguntungkan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai penggunaan limbah gabah sebagai bahan bakar alami yang dikenal dengan briket. Bagi mereka yang ingin menggunakan briket sebagai bahan bakar, mereka harus memiliki tungku pembakaran terlebih dahulu. Hal ini disebabkan kerena briket tidak dapat digunakan pada kompor biasa. Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan limbah gabah menjadi bahan bakar alternatif, simak pembuatan briket di bawah ini:
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan limbah gabah terlebih dahulu.
  • Membuat bara api yang nantinya digunakan untuk membakar limbah gabah.
  • Bara api yang selesai dibuat, ditutup dengan menggunakan limbah gabah.
  • Bakar limbah gabah sehingga menjadi arang. Arang inilah yang nantinya digunakan untuk adonan briket.

Untuk menjadikan arang menjadi briket, Anda membutuhkan air dan perekat yang berasal dari tanah liat atau tepung kanji. Kesemua bahan dicampur hingga merata kemudian dicetak dengan bentuk yang diinginkan. Setelah selesai dicetak, jemur adonan dengan bantuan sinar matahari langsung. Pastikan briket kering pada semua bagian. Jika telah kering pada semua bagian, briket dapat langsung digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Meskipun briket yang terbuat dari limbah gabah memiliki daya tahan terhadap api lebih rendah dari briket batu bara, pengguna briket dapat menghemat biaya pengeluaran tiap harinya. Selain dapat menghemat biaya, penggunaan briket sangat aman dan ramah lingkungan. Briket yang terbuat dari limbah gabah tidak menimbulkan asap saat dibakar yang dapat menimbulkan rasa sesak pada dada. Selain bermanfaat bagi pengguna bahan bakar alternatif ini, pemanfaatan limbah gabah juga dapat dirasakan oleh pembuatnya. Pembuat briket akan mendapatkan keuntungan sampingan dari pembuatan briket tersebut. Hal ini tentunya menjadi angin segar pagi para petani yang berkeinginan mendapatkan pendapatan tambahan dari limbah gabah yang dihasilkan dari sawah mereka.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Gabah yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email