Pemanfaatan Limbah Ranting Pohon Menjadi Kerajinan Tangan Unik

Limbah ranting pohon memang sering kita jumpai di sekitar kita terutama jika terdapat banyak pepohonan. Limbah ranting pohon tersebut termasuk ke dalam limbah kayu yang terdiri dari berbagai bentuk dan juga ukuran. Akan tetapi limbah ranting pohon ini umumnya memiliki diameter yang kecil. Tak jarang orang menganggap bahwa limbah kayu tersebut merupakan barang yang tidak berarti dan tidak berharga sehingga dibiarkan begitu saja. Di samping itu, ada pula orang yang menganggap bahwa ranting pohon yang berserakan tersebut masih memiliki nilai karena dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar untuk memasak terutama bagi orang-orang di wilayah pedesaan. Tidak hanya itu saja, karena ternyata pemanfaatan limbah ranting pohon tersebut juga bisa diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi asalkan mengolahnya secara tepat. Salah satu contoh dari pengolahan limbah ranting pohon ini adalah kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi.

Pemanfaatan Limbah Ranting Pohon Menjadi Kerajinan Tangan Unik

Kerajinan tangan yang berasal dari limbah ranting pohon tersebut memang belum banyak dibuat karena dibutuhkan kreatifitas yang tinggi. Namun, mungkin Anda sudah sering mendengar tentang hasil dari kerajinan tangan dari ranting pohon ini. Salah satu pemanfaatan limbah ranting pohon yang dapat dikreasikan menjadi kerajinan tangan dengan nilai jual tinggi adalah tempat gantungan topi atu baju. Pastinya benda yang satu ini sudah sering kita lihat di film-film luar terutama berada di film modern. Untuk membuat kerajinan tangan dari bahan limbah ranting kayu ini ternyata cukup mudah. Nantinya gantungan topi maupun baju dengan posisi vertikal ini dapat menghiasi sudut rumah Anda. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai bahan-bahan yang diperlukan dan juga cara membuatnya maka lebih baik kita memikirkan di mana akan meletakkannya karena hal ini akan berhubungan dengan ukuran dari ranting pohon yang akan digunakan. Beberapa bahan yang harus dipersiapkan untuk membuah kerajinan tangan dari limbah ranting pohon ini seperti ranting kayu yang kualitasnya masih baik serta memiliki banyak cabang, gergaji, paku, palu, maupun ember kecil bekas.

Setelah bahan-bahan yang diperlukan di atas sudah siap maka kita lanjutkan dengan mengetahui cara membuat kerajinan tangan dari limbah ranting pohon ini. Berikut penjelasannya:
  • Limbah ranting kayu dipotong sesuai dengan ukuran maupun pola yang sudah ditentukan. Lebih baik bila tingginya sesuai dengan jangkauan.
  • Pasanglah beberapa paku untuk dapat menyambung limbah ranting pohon ini dengan ember bekas.
  • Letakkan secara vertikal atau berdiri.
  • Untuk lebih cantiknya dapat mewarnai ranting pohon tersebut dengan cara plitur agar lebih menarik.


Setelah itu, kerajinan ini sudah langsung dapat digunakan. Nah, pemanfaatan limbah ranting pohon menjadi sesuatu barang yang memiliki nilai tinggi ini sangat mudah dibuat bukan?

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Ranting Pohon Menjadi Kerajinan Tangan Unik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email