Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagai Cuka Alami

Sudah sejak lama orang jaman Romawi maupun Yunani terbiasa untuk mengonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan maupun stamina tubuh. Di antara buah yang dikonsumsi tersebut ternyata buah pisang tergolong buah yang cukup populer pada jaman itu. Hingga sampai saat ini manfaat dari buah pisang sudah terkenal baik untuk menjaga kesehatan. Selain rasanya yang enak ternyata buah pisang ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi serta dapat pula berkhasiat sebagai obat. Asal tanaman pisang ialah di daerah tropis seperti Asia Tenggara khususnya Malaysia maupun Indonesia. Di Indonesia sendiri, buah pisang ini ada banyak jenisnya seperti pisang kepok, pisang tanduk, pisang raja, dan lain sebagainya. Pastinya tak banyak yang tahu jika kulit pisang tersebut masih dapat dimanfaatkan lagi. Pemanfaatan limbah kulit pisang ini ada banyak yang pastinya mudah untuk dibuat.
Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagai Cuka Alami

Memang benar bahwa produk utama dari pisang ini adalah buahnya. Akan tetapi bagian bonggol, kulit, maupun jantungnya yang dianggap sebagai limbah ini ternyata masih dapat diolah lagi menjadi produk lain mengingat kandungan gizinya yang lumayan tinggi. Kali ini kita akan membahas mengenai pemanfaatan limbah kulit pisang yang dapat diolah menjadi cuka kulit pisang untuk alternatif cuka yang dijual di pasaran. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat cuka kulit pisang:
  • Kulit pisang 10 kg dikumpulkan lalu dipotong-potong hingga halus kemudian di rebus menggunakan air sebanyak 15 liter.
  • Saring menggunakan kain tipis kemudian tambahkan ammonium sulfit dan juga gula pasir secukupnya.
  • Tunggu hingga dingin dan tambahkan lah ragi roti dan diamkan selama satu minggu kemudian air tersebut disaring lagi.
  • Larutan akan menjadi beralkohol dan pada fase inilah ditambahkan induk cuka kemudian diamkan selama 3 minggu untuk fermentasi.
  • Hasil fermentasi tersebut dididihkan dan dalam kondisi panas langsung masukkan ke dalam botol dan segera ditutup. Simpanlah dalam suhu kamar.


Ternyata pemanfaatan limbah kulit pisang tersebut sangat mudah untuk dilakukan asalkan telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Dengan menggunakan cuka kulit pisang ini Anda berarti memiliki alternatif lain untuk menggantikan cuka yang ada di pasaran seperti cuka apel maupun cuka makan. Bagi Anda yang penasaran dengan aroma dan sensasi rasa dari cuka kulit pisang tersebut dapat mencobanya sekarang juga. Nah, dari ulasan di atas sudah dapat kita ketahui bahwa pisang ini juga memiliki banyak manfaat. Selain daging buahnya yang sangat bergizi dan mengandung banyak vitamin, ternyata bagian kulit pisang yang sebagian besar orang anggap sebagai limbah tersebut juga memiliki manfaat yang luar biasa. Selain dimanfaatkan sebagai cuka, limbah kulit pisang itu pun juga dapat diolah sebagai selai yang lezat.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagai Cuka Alami
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email