Ide Unik Pemanfaatan Limbah Styrofoam

Di zaman modern ini penggunaan styrofoam bukan menjadi hal yang aneh lagi karena sudah banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan. Styrofoam atau juga sering disebut sebagai polystyrene ini ternyata memiliki dua sisi yang berbeda yakni positif dan negatif. Namun, styrofoam tersebut sudah terlanjur banyak digunakan khususnya sebagai kemasan makanan maupun minuman karena memiliki banyak keunggulan seperti ringan, tidak mudah bocor, dan juga terlihat lebih praktis serta rapi. Styrofoam ini merupakan salah satu produk dari minyak bumi yang menurut aturannya hanya boleh digunakan sekali pakai saja dan lebih baik lagi jika tidak terlalu sering menggunakannya atau dihindari. Nah, coba bayangkan jika ada banyak tumpukan styrofoam jika semakin banyak orang yang menggunakannya lalu membuangnya di sembarang tempat. Perlu diketahui bahwa limbah styrofoam ini tidak dapat diuraikan oleh alam dan akan menjadi masalah untuk lingkungan sekitar. Untuk menyikapinya dengan baik mari simak ulasan mengenai pemanfaatan limbah styrofoam berikut ini.

Ide Unik Pemanfaatan Limbah Styrofoam

Tak jarang kita melihat limbah styrofoam yang berserakan karena jika dibakar maka akan menjadi polusi udara karena asap hitamnya. Sementara itu, jika terkena air ia akan mengapung dan bisa menyumbat saluran air sehingga menjadi penyebab banjir. Styrofoam ini sendiri baru dapat terurai setelah ratusan tahun lamanya. Akan tetapi, kini sudah ada cara pemanfaatan limbah styrofoam yang cukup mudah dilakukan guna dapat mengurangi jumlah limbah styrofoam yang ada sekarang ini. Beberapa kreasi pemanfaatan limbah dari styrofoam antara lain:

Speaker atau pengeras suara laptop
Salah satu cara untuk memanfaatkan styrofoam bekas ini adalah dengan mengubahnya menjadi speaker laptop. Dengan menambahkan beberapa alat elektronik lainnya maka speaker dari styrofoam ini bisa langsung digunakan.

Dekorasi lampu
Bahan yang dibutuhkan adalah potongan gelas berasal dari styrofoam bekas lalu menggunakan lem dan dibentuk menjadi cup lampu yang unik dan cantik. Cocok dijadikan hiasan kamar tidur.

Souvenir gelas yang unik
Untuk membuat souvenir dari limbah styrofoam ini tak sulit. Kita bisa melukisnya menggunakan cat minyak ataupun cat air untuk mempercantik tampilan gelas tersebut sehingga memiliki nilai jual lebih.

Vas bunga
Gelas dari bahan styrofoam bekas  ini ternyata juga baik digunakan untuk vas bunga dengan bentuk yang unik. Tekniknya sederhana sekali yakni tinggal memanaskan gelas menggunakan panci dan juga air lalu bentuk styrofoam sesuai keinginan.


Setelah melihat kreasi pemanfaatan limbah styrofoam di atas sekarang kita mengetahui bahwa styrofoam bekas yang dianggap barang tak berguna ini masih bisa diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi. Hal ini pun juga bisa dijadikan langkah kecil untuk melestarikan bumi kita dari pencemaran lingkungan salah satunya seperti limbah styrofoam tersebut. Tertarik untuk mencobanya?

Artikel Terkait

Ide Unik Pemanfaatan Limbah Styrofoam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email