Cari Tahu Kreasi Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa

Saat ini siapa yang tidak mengenal pohon kelapa? Pohon yang terkenal karena menjulang tinggi serta memiliki banyak buah dengan ukuran besar ini ternyata termasuk salah satu pohon dengan sejuta manfaat. Oleh sebab itu, banyak orang yang memanfaatkan pohon kelapa tersebut untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis dan cenderung panas maka pohon kelapa ini banyak dibutuhkan terlebih untuk dimanfaatkan buahnya. Tidak hanya daging buah maupun bagian airnya saja yang memiliki banyak manfaat karena bagian lain dari buahnya yakni serabut atau sabut juga banyak dimanfaatkan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pemanfaatan limbah sabut kelapa ini? Maka simak saja ulasannya di bawah ini.

Cari Tahu Kreasi Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai pemanfaatan limbah sabut kelapa, beberapa di antaranya ialah :

Pembuatan sapu ijuk
Sapu ijuk ini pastinya banyak terdapat di rumah-rumah karena digunakan untuk menyapu lantai. Sapu ijuk tersebut terbuat dari sabut kelapa yang kering dan sangat tipis. Sabut kelapa ini lalu diikat menjadi satu pada sebuah bambu untuk mempermudah saat digunakan menyapu.

Pembuatan pupuk organik
Mungkin tak banyak yang tahu jika sabut kelapa ini juga dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik. Pupuk dari sabut kelapa ini mampu menyimpan sekitar 60% air bila dibandingkan dengan pupuk biasa. Selain itu, sabut kelapa ini juga memiliki banyak kandungan hara maupun mineral yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Media pembakaran pengganti kertas
Pemanfaatan dari limbah sabut kelapa untuk media pembakaran ini sering kita lihat pada banyak restoran padang karena akan menghasilkan api yang baik. Selain itu, panas yang dihasilkan pun cukup stabil.

Pembuatan briket yang ramah lingkungan
Sabut kelapa juga dapat diolah menjadi briket. Briket dari limbah sabut kelapa ini memang terkenal ramah lingkungan  serta biaya pembuatannya pun jauh lebih murah bila dibandingkan dengan batubara.

Pembuatan keset
Ternyata sabut kelapa ini juga dapat dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan keset. Keset ini memiliki bahan baku yang mirip dengan sapu ijuk. Serat-serat sabut kelapa ini baik untuk menghilangkan debu di alas kaki sehingga keset sabut tersebut banyak diletakkan di luar rumah.

Pembuatan coco net
Coco net merupakan bentuk lain dari olahan sabut kelapa dengan bentuk jaring-jaring dan dapat dimanfaatkan untuk mencegah longsor khususnya di daerah yang menanjak. Selain itu, coco net ini dapat mencegah terjadinya bencana longsor.


Selain kreasi pemanfaatan limbah sabut kelapa di atas ternyata masih ada lagi lainnya seperti pembuatan jok maupun untuk membuat spring bed. Nah, itulah beberapa manfaat dari limbah sabut kelapa yang dapat dibuah dengan mudah dengan cara sederhana. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Cari Tahu Kreasi Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email