Pemanfaatan Limbah Deterjen yang Harus Anda Ketahui

Biasanya, setiap ada orang yang telah mencuci pakaian akan membuang begitu saja air bekas cuci pakaian mereka. Namun, tahukah Anda? Bahwa anda bisa mendaur ulang atau istilahnya menggunakan kembali air bekas cucian tersebut untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Mungkin anda berfikir bahwa air bekas cucian pakaian atau limbah deterjen tidak bisa digunakan kembali karena bagaimanapun juga terdapat banyak bahan kimia yang terdapat dalam deterjen tersebut meskipun sudah terlarut dalam air bukan berarti bahan kimia tersebut bisa hilang begitu saja. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak siswa yang telah meneliti bahwa dengan menggunakan pemanfaatan limbah deterjen untuk hal-hal lain memang sudah bisa terbukti efektifnya.

Pemanfaatan Limbah Deterjen yang Harus Anda Ketahui

Yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu pemanfaatan limbah deterjen apa saja yang bisa anda terapkan untuk mendukung kegiatan anda sehari-hari. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan limbah deterjen apa saja yang bisa anda gunakan, yaitu:

Menyiram tanaman dengan menggunakan limbah deterjen
Mungkin anda berfikir bahwa menyiram tanaman dengan menggunakan air limbah deterjen tidaklah sehat karena ada banyak bahan kimia yang terkandung dalam air limbah tersebut. Namun, anda tak perlu khawatir karena sudah banyak yang membuktikan bahwa menyiram tanaman dengan menggunakan air limbah deterjen ini sudah aman untuk digunakan. Jika anda ingin mempercayainya lebih lanjut, maka anda bisa mencari tahu infonya untuk lebih jauh.

Pestisida sintetik
Anda juga bisa memanfaatkan air limbah deterjen bekas anda mencuci pakaian anda untuk dijadikan sebagai pestisida sintetik yang bisa anda gunakan kembali untuk menyiram tanaman dengan menggunakan pupuk pestisida sintetik ini. Untuk menjadikan limbah deterjen ini menjadi pestisida sintetik, anda harus mencampurnya dengan beberapa bahan lain agar menjadi pestisida sintetik yang bisa anda gunakan kembali.

Sumber energi
Jika memang anda ingin memanfaatkan limbah deterjen ini, anda juga bisa mengajak tetangga anda untuk bisa memanfaatkannya juga. Anda bisa memanfaatkan air limbah deterjen ini untuk dijadikan sumber energi listrik yang bisa anda gunakan. Anda hanya perlu menyediakan kolam untuk menampung air limbah deterjen tersebut dan anda bisa memanfaatkannya secara maksimal.


Terdapat banyak cara lagi yang bisa anda gunakan untuk pemanfaatan limbah deterjen yang bisa anda gunakan. Seperti yang kita ketahui, ada banyak tempat yang tidak mempunyai cukup air untuk mencuci dan melakukan aktivitas air lain sebagainya. Oleh karena itu, meskipun anda mempunyai banyak cadangan air untuk mencuci dan lain sebagainya, anda juga tetap harus memanfaatkan air maupun air limbah tersebut sebaik mungkin. Tak ada salahnya jika anda memanfaatkan lagi air limbah deterjen yang telah anda gunakan.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Deterjen yang Harus Anda Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email