Kreatif dengan Pemanfaatan Limbah Daun Kering

Seperti yang kita ketahui, ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk sebuah benda baik itu saat benda masih bagus dan baru ataupun benda yang harus kita daur ulang kembali. Di zaman sekarang ini, anda bisa menemukan berbagai macam kerajinan tangan yang dibuat dari benda-benda daur ulang, benda-benda yang sudah tidak digunakan kembali, termasuk anda juga akan menemukan benda-benda yang terbuat dari limbah daun kering. Mungkin setiap hari anda selalu membuang daun kering begitu saja. Namun, tahukah anda? Bahwa anda bisa memanfaatkan limbah daun kering anda untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri anda sendiri. Anda hanya perlu menentukkan pemanfaatan limbah daun kering seperti apa yang ingin anda gunakan dan butuhkan untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Kreatif dengan Pemanfaatan Limbah Daun Kering

Ada berbagai macam cara pemanfaatan limbah daun kering yang bisa anda terapkan. Anda hanya perlu mencari tahu hal ini lebih lanjut saja. Ada beberapa pilihan alternatif yang bisa anda gunakan untuk memanfaatkan limbah daun kering ini, yaitu:

Pembuatan ulang kertas
Apakah anda tahu bahwa limbah daun kertas ini bisa anda daur ulang lagi menjadi kertas? Anda hanya perlu tahu bagaimana sih caranya dalam mendaur ulang daun kering itu untuk menjadi kertas kembali.

Pupuk organik
Jika memang anda mempunyai kegemaran dalam bercocok tanam, maka anda bisa untuk memanfaatkan limbah daun kering ini untuk menjadi pupuk organik yang akan membantu tanaman yang anda tanam tumbuh menjadi lebih cepat dan juga anda tidak perlu menggunakan pupuk-pupuk lain yang memiliki banyak senyawa kimia. Anda bisa menggunakan limbah daun kering tersebut sebagai campuran dalam membuat pupuk organik tersebut. Namun, anda harus mau untuk mengolahnya setiap hari hingga pupuk organik tersebut bisa di gunakan untuk memupuki tanaman anda.

Kerajinan tangan
Selain kedua cara tersebut dalam memanfaatkan limbah daun kering ini, anda juga bisa memanfaatkan limbah ini dan membuatnya untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan yang bisa anda gunakan dan manfaatkan untuk sehari-hari. Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikannya sebagai kerajinan tangan seperti tas tangan kecil, dompet, dan lain sebagainya.


Namun, anda juga perlu tahu bahwa tak semua daun kering bisa di daur ulang untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk dijadikan kerajinan tangan menggunakan daun kering sebagai bahan dasarnya harus menggunakan daun kering yang memiliki tekstur yang tidak akan hancur atau kuat meskipun dalam keadaan kering. Oleh karena itu, anda juga harus memilah dan memilih daun kering yang anda manfaatkan untuk membantu keseharian anda tersebut. Anda juga harus tahu jenis daun kering apa yang ingin anda manfaatkan dan pemanfaatan limbah daun kering apa yang cocok untuk jenis daun tersebut.

Artikel Terkait

Kreatif dengan Pemanfaatan Limbah Daun Kering
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email