Tiga Bentuk Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram

Mendaur ulang limbah setidaknya kita telah peduli akan lingkungan kita. Salah satu yang saat ini lagi booming – bomingnya dilakukan oleh berbagaikalngan adalah pendaur ulangan sampah plastic yang banyak disulam menjadi barang-barang yang memiliki nilai. Namun, apakah bisa salah satu bahan makanan yang kita konsumsi dapat dimanfaatkan kembali dari bahan-bahan yang tersisa atau limbahnya? Salah satu yang banyak dilakukan dari pengelolaan limbah oleh masyarakat sekarang adalah pemanfaatan limbah baglog jamur tiram. Banyak sekali saat ini yang membudidayakan jamur tiram dan banyak yang dijadikan bisnis yang tentunya sangat menguntungkan. Jika sebelumnya dalam budidaya jamur tiram tersebut menggunakan limbah serbuk gergaji sebagai salah satu medianya. Namun limbah dari jamur tiram yang disebut baglog tersebut apakah bisa dimanfaatkan lagi? Berikut beberapa pemanfaatan limbah baglog jamur tiram yang bisa anda manfaatkan kembali, agar tidak terbuang sia-sia.

Tiga Bentuk Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram

Pemanfaatan limbah baglog jamur tiram sudah banyak dilakukan oleh masyarakat lainnya, salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai :
  1. Baglog atau limbah jamur tiram yang sudah tidak bisa kita gunakan kembali dapat kita jadikan dapat kita buat menjadi pupuk kompas yang bisa kita campur dengan bahan organic yang lainnya. Pupuk tersebut dapat membantu menyuburkan tanaman dengan tanpa bahan kimia.
  2. Limbah baglog atau limbah jamur tiram juga bisa digunakan sebagai salah satu pakan ternak hewan peliharaan anda. Contohnya saja bagi anda yang memiliki sapi perah maka limbah dari jamur tiram tersebut bisa anda manfaatkan kembali. Karena limbah tersebut ternyata mengandung nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh hewan ternak.
  3. Dapat di daur ulang kembali, dimana baglog yang sudah tidak terpakai tersebut dapat digunakan kembali untuk proses pembuatan baglog kedua kalinya dan terus secara berkelanjutan.

Itulah ketiga manfaat dari baglog jamur tiram yang bisa anda manfaatkan kembali. Dimana salah satunya dapat digunakan kembali dalam proses pembuatan jamur tiram walaupun hailanya menurun menjadi 80% namun setidaknya dapat membentu jika serbuk kayu tidak ada. Maka baglog tersebut dapat di daur ulang kembali. Selain itu juga bisa jadikan pupuk kompas yang bisa kita campurkan dengan bahan organic lainnya sehingga disamping usaha budidaya jamur tiram, mungkin bisa saja anda juga buka usaha pupuk kompas yang dibuat dari baglog tersebut. Namun, walaupun tidak dijual setidaknya juga dapat membantu mengurangi biaya pembelian pupuk untuk menyburkan tanaman disekitar rumah anda, misalnya saja untuk menyuburkan sayuran sehingga dengan begitu hidupanda menjadi lebih hemat. Dan yang paling penting disini adalah anda sudah berusaha mengurangi limbah-limbah. Saat ini sudah banyak yang melakukan pemanfaatan limbah baglog jamur tiram yang kebanyakan dijadikan sebagai pupuk tanaman.

Artikel Terkait

Tiga Bentuk Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email