Bentuk Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi

Kopi? Minuman yang satu ini ternyata bukan hanyabanyak digemari oleh kalangan pria saja. Wanitapun banyak juga yang menyukai minuman sejenis ini. Saat ini banyak sekali produsen-produsen kopi yang mengolah dengan berbagai nama dengan rasa yang khas. Secangkir kopi tersebut dapat kita nikmati di pagi hari baik itu di sore hari. Dalam proses pembuatan kopi atau pengolahan kopi ada yang namanya ampas kopi. Ternyata ampas kopi tersebut dapat kita daur ulang atau dapat kita manfaatkan kembali. Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi tersebut sangat baik sekali, setidaknya kita bisa mengurangi limbah-limbah walaupun dalam skup yang kecil. Pemanfaatan limbah kopi tersebut sudah banyak dilakukan penelitian oleh berbagai kalangan baik itu oleh ilmuan maupun oleh para mahasiswa dari berbagai universitas. Ternyata memang terbukti limbah kopi tersebut mempunyai manfaat tersendiri.

Bentuk Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi

Berikut beberapa pemanfaatan limbah ampas kopi yang sudah banyak orang membuktikannya, dimana hasilnya terbukti memberikan manfaat dalam berabagai hal :

Salah satu faktor yang menjadikan tanah di suatu daerah tersebut bisa jadi ada makhluk kecil yang membentu menyburkan tanah tersebut. Yaitu tak lain adalah cacing. Dan tentunya yang namanya makhluk hidup tersebut mebutuhkan makanan. Salah satu makanan yang dikonsumsi makhluk tersebut adalah ampas kopi. Sehingga secara tidak langsung ampas kopi tersebut dapat membantu mnyuburkan tanah juga.

Banyak diantaranya beberapa penelitian baikitu kalangan ilmuan maupun para mahasiswa, bahwa yang namanya ampas kopi tersebut dapat dijadikan sebagai bahan untuk menurunkan pencemaran logam berat yang terdapat dalam air.

Selain itu juga pernah dilakukan beberapa penelitian oleh beberapa Universitas bahwa yang namanya minyak biji kopi tersebut dapat kita jadikan bahan pembuatan biodiesel.

Daripada limbah kopi tersebut terbuang dengan sia-sia tanpa ada artinya,maka ada baiknya jika kita mengolahnnya mendaur ulangnya kembali. Ataupun bagi anda yang malas, maka cukup jadikan bahan makanan untuk cacaing penyubur tanah anda. Sehingga secara tidak langsung anda juga sudah menyumbang bagaimana caranya agar tanah tersebut subur dan tanamanpun ikut subur. Namun, ada baiknya jika dalam pembuatan puput atau makanan cacing tersebut tidak langsung anda taburkan namun ditaburkan terlebih dahulu kedalam kompester. Hal ini lebih baik jika dibandingkan kita langsung menaruhnya ke sekitar tanaman kita. Tidak ada takaran tertentu ketika anda ingin memasukan ampas kopi tersebut kedalam komposter. Walaupun pemanfaatan limbah ampas kopi tersebut belum begitu familiar dan belum banyak yang mengolahnya, namun tidak ada salahnya jika anda mencobanya sekarang juga. Setidaknya dengan sedikit peduli terhadap limbah ampas kopi tersebut berarti anda sudah peduli terhadap lingkungan anda. Lakukan sekarang juga,lakukan mulai dari hal-hal yang kecil.

Artikel Terkait

Bentuk Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email