Pemanfaatan Limbah Ampas Kelapa Digunakan Untuk Berbagai Keperluan

Buah yang satu ini yang biasanya yang sering kita jumpai di pinggiran pantai ternyata banyak sekali manfaatnya. Buah kelapa selain bisa kita makan secara langsung sebagai pelepas dahaga bisa juga kita buat dan produksi sebagai minyak dan juga makanan lainnya. Air kelapa sendiri banyak dijual di beberapa tempat dan tentunya memiliki nilai yang cukup tinggi. Kelapa yang cukup matang dan cukup tua biasanya digunakan oleh ibu-ibu sebagai bahan untuk memasak. Kelapa tersebut diparut kemudian air arutannya digunakan untuk masaka atau yang bisa kita sebut sebagai santan. Nah, ceritanyamungkin banyak ibu-ibu yang malah membeuang ampas kelapa tersebut karenadianggap sudah tidak bisa digunakan lagi. Namun ternyata salah, ampas kelapa ini masih kita gunakan dan masih bisa kita manfaatkan. Pemanfaatan limbah ampas kelapa ini sudah banyak yang mempraktikannya. Dan daripada ampa kelapa tersebut terbuang sia-sia, yuk kita manfaatkan saja ampasnya sekarang juga.

Pemanfaatan Limbah Ampas Kelapa Digunakan Untuk Berbagai Keperluan

Berikut beberapa contoh pemanfaatan limbah ampas kelapa yang bermanfaat sekali agar tidak terbuang dengan sia-sia :

Ternyata ampas kelapa ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan rambut kita. Dimana ampas kelapa ini bisa gunakan untuk melembabkan rambut kita yang kering.

Ampas kelapa juga dapat menjadi obat yang bisa membantu mengobati penyakit dan lebih tepatnya bisa mencegah resiko terjadinya serangan kanker. Dalam ampas kelapa ini terkandung protein yang cukup tinggi, karbohidrat namun tetap rendah lemak. Selain dapat mencegah resiko datangnya penyakit kanker, ampas kelapa ini juga bisa mencegah datangnya penyakit lainnya seperti diabetes mellitus, darah tinggi, bahkan serangan jantung dan juga penyakit yang lainnya.

Bagi anda yang ingindiet, tentunya ingin diet secar alami. Ampas kelapa inibisa anda jadikan solusi untuk menurunkan berat badan anda. Ampas kelapa tersebut bisa menurunkan berat badan atau dapat mengendalikan obesitas, mencegah terjadinya sembelit namun tetap dalam ampas kelapa tersebut mengandung mineral yang cukup tinggi.

Selain dimanfaat seperti yang telah dijelaskan tadi. Ampas klapa juga bisa kita konsumsi juga lho. Salah satunya pembuatan kue apem dimana salah satu bahan dasarnya menggunakan ampas kelapa. Selain apem juga terdapat jenis kue lainnya yang menggunakan ampas kelapa baik itu sebagai bahan utamanya maupun sebagai topingnya yang biasanya digunakan dibagian atas kue tersebut. Dan satu lagi manfaat dari ampas kelapa tersebut, yaitu sebagai salah satu bahan untuk membuat lantai anada menjadi bersih mengkilap. Salah satu sifat dari ampas kelapa tersebut yaitu dapat melembabkan. Sehingga tak jarang bagi yang ingin lantainya bersih menkilap, maka gunakanlah ampas kelapa tersebut sebagai bahannya. Dan itulah beberapa pemanfaatnan limbah ampas kelapa yang berguna sekali baik untuk diolah kembali menjadi bahan makanan maupun mencegah penyakit hingga berguna sebagai bahan untuk mengkilapkan lantai.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Ampas Kelapa Digunakan Untuk Berbagai Keperluan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email