Kerajinan Tangan dengan Pemanfaatan Limbah Eceng Gondok

Mungkin anda sudah merasa tidak asing lagi mengenai kerajinan yang di buat dari bahan utama limbah eceng gondok. Jika memang di daerah anda terdapat banyak eceng gondok yang bertebaran dimana-mana, maka tak ada salahnya jika anda juga ikut mendaur ulang limbah eceng gondok ini untuk dijadikan kerajinan tangan yang bisa anda jual kembali dan tentunya menjaga kawasan air di daerah anda menjadi lebih bersih lagi. Dengan memanfaatkan eceng gondok dan mendaur ulangnya lagi, maka anda bisa mendapatkan kawasan air yang jernih dan juga indah untuk dilihat. Ada terdapat beragam pilihan kerajinan tangan yang bisa anda gunakan untuk pemanfaatan limbah eceng gondok ini.
Kerajinan Tangan dengan Pemanfaatan Limbah Eceng Gondok

Anda bisa memilih untuk pemanfaatan limbah eceng gondok yang bisa anda terapkan. Anda hanya perlu memilah dan memilih kerajinan tangan apa yang bisa anda buat untuk merintis usaha kerajinan limbah eceng gondok ini. Ada beragam kerajinan tangan yang bisa anda pilih, seperti:
  • Dompet
  • Tas cantik
  • Sandal
  • Keranjang belanjaan
  • Topi
  • Taplak
  • Dan masih banyak lainnya

Anda hanya perlu mencari tahu seperti apa sih caranya dalam mendaur ulang dan pemanfaatan limbah eceng gondok yang banyak berserakan di sekitar lingkungan tempat anda tinggal. Ada beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mengerjakan limbah eceng gondok ini.

Kerajinan Tangan dengan Pemanfaatan Limbah Eceng Gondok

Mencari eceng gondok
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari eceng gondok yang terdapat di sekitar lingkungan tempat anda tinggal. Biasanya, anda bisa mencarinya di sepanjang aliran sungai yang tentunya juga anda berkontribusi dalam membersihkan aliran sungai yang kotor karena eceng gondok ini.

Mencuci eceng gondok
Setelah anda mendapatkan eceng gondok dan terasa cukup untuk itu, anda harus mencucinya terlebih dahulu karena bagaimanapun juga terdapat banyak kotoran yang terdapat pada eceng gondok tersebut. Pastikan bahwa eceng gondok yang digunakan sudah bersih dari segala macam kotoran.

Memisahkan eceng gondok dari tangkai
Lalu, anda harus memisahkan eceng gondok dari tangkainya yang juga bisa anda lakukan untuk memisahkan bahan mana yang bisa anda gunakan untuk dibuat menjadi sandal dan lainnya. Anda bisa memisahkannya dengan menggunakan gunting atau pisau ukuran besar.

Mengeringkan eceng gondok
Lalu, kamu harus menjemur eceng gondok ini dibawah sinar matahari untuk menghasilkan eceng gondok yang lebih baik kualitasnya jika anda mengeringkannya pakai oven atau alat – alat pengering lainnya.

Membuat pola kerajinan
Setelah itu, anda bisa membuat pola kerajinan apa yang ingin anda buat. Anda bisa membuat pola ini sesuai dengan pola seperti apa yang ingin anda gunakan.

Menganyam eceng gondok
Lalu, anda hanya perlu menganyam eceng gondok tersebut sesuai dengan pola yang telah anda buat sebelumnya.

Finishing
Tahap terakhir yang perlu anda lakukan adalah melakukan finishing dengan menambahkan, merapihkan kerajinan tangan yang telah anda buat tersebut.

Artikel Terkait

Kerajinan Tangan dengan Pemanfaatan Limbah Eceng Gondok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email