Inilah Pemanfaatan Limbah Rokok Menjadi Pestisida

Pemanfaatan Limbah Rokok Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang bisa dibilang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di dunia ini. Bahkan tidak hanya orang dewasa saja yang melakukannya, anak-anak remaja pun sudah banyak yang melakukan kebiasaan merokok ini. Seperti yang kita ketahui bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan-gangguan pada kesehatan tubuh kita. Oleh karena itulah, merokok patut untuk dihindari oleh seluruh masyarakat di dunia ini. Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi, dan gangguan pada ibu hamil serta menyusui. Meskipun sudah adanya larangan tersebut, masyarakat tetap banyak yang merokok. Bahkan yang sedikit mengganggu adalah kebiasaan orang-orang yang merokok di depan umum dan meninggalkan puntung rokok, asap, serta sampah bekas rokok itu sendiri. Tentunya hal itu bisa mengganggu orang-orang yang berada di sekitarnya. Tidak hanya masalah pada rokok itu sendiri, melainkan juga masalah pada limbak rokok. Limbah rokok yang dibuang begitu saja dapat mencemari lingkungan.

Inilah Pemanfaatan Limbah Rokok Menjadi Pestisida

Dapat kita ketahui bahwa di Indonesia khususnya terdapat beberapa pabrik rokok. Dengan begitu bisa kita bayangkan berapa banyak jumlah limbah rokok yang dihasilkan perharinya. Tenutnya cukup banyak, bukan? Dan kemana saja limbah rokok itu dibuang? Jika ke sungai, dapat dipastikana akan mencemari lingkungan sungai atau bahkan merusak ekosistem sungain tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan bagaimana pemanfaatan limbah rokok yang benar. Salah satu limbah rokok yang paling banyak kita jumpai adalah putung rokok. Sebagai informasi untuk Anda bahwa satu putung rokok saja tersebut memerlukan waktu yang cukup lama untuk hancur yakni sekitar 1,5 hingga 2,5 tahun untuk dapat terurai secara alami di dalam tanah. Sementara itu, untuk terurai pada air tawar dibutuhkan sekitar 1 tahun sedangkan pada air laut yang asin dibutuhkan sekitar 5 tahun untuk dapat terurai. Untuk itu, pengelolaan limbah putung rokok ini harus disikapi secara serius untuk kelestarian lingkungan di masa yang akan datang.

Salah satu bentuk pemanfaatan limbah rokok ini adalah sebagai insektisida yang baik untuk mengusir hama yang mengganggu tanaman. Di dalam putung rokok ini terdapat pestisida nabati yang terkandung di dalam tembakau pada sisa rokok tersebut. Untuk membuat pestisida yang dapat mengendalikan hama tersebut dapat dilakukan beberapa langkah mudah seperti:
  • Menyiapkan bahan-bahan yakni 1 ons putung rokok yang telah dibersihkan dan juga 7 liter air
  • Caranya memasukkan putung rokok ke dalam ember plastik ukuran besar sekitar 10 L kemudian ditambahkan air sebanyak 7 liter dan biarkan selama 4 hingga 7 hari kemudian dilakukan penyaringan
  • Simpan di tempat yang sejuk lalu digunakan dengan cara disimpan pada tanaman pada pagi dan juga sore hari untuk mengusir hama

Artikel Terkait

Inilah Pemanfaatan Limbah Rokok Menjadi Pestisida
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email