Bagaimana Pemanfaatan Limbah Rambut?

Artikel kali ini akan membahas mengenai rambut dan juga masalah pemanfaatan limbah rambut. Rambut merupakan bagian dari tubuh manusia yang paling menarik. Bagaimana tidak, jika kita melihat penampilan orang, selain dari wajah atau pakaian yang digunakannya adalah bagian rambut, kecuali yang berhijab. Bagi kaum perempuan rambut merupakan mustika baginya. Rambut sangat mempengaruhi penampilan seorang perempuan. Bahkan perempuan sering merasa tidak percaya diir jika rambutnya belum tertata dengan rapi saat hendak keluar rumah. Bahkan para kaum perempuan rela berlama-lama di salon kecantikan untuk melakukan perawatan rambutnya. Seperti yang kita ketahui bahwa perawatan rambut itu ada beragam pilihannya seperti potong rambut, cat rambut, creambath, masker rambut, dan lainnya. Namun, perawatan yang paling banyak dilakukan adalah memotong rambut. Bagi kaum perempuan rambut pada umumnya adalah panjang. Namun, tidak sedikit kaum perempuan yang lebih senang dengan potongan rambut yang pendek. Sehingga jika rambutnya sudah panjang sedikit saja, mereka akan pergi ke salon untuk memotong rambutnya.

Bagaimana Pemanfaatan Limbah Rambut

Jika ada tren rambut A, banyak kaum perempuan yang akan mengikuti tren potongan rambut A tersebut. Nah, bisa kita bayangkan berapa banyak tumpukan limbah rambut yang ada di setiap salon setiap harinya. Jika diakumulasikan di seluruh dunia, maka akan ada berapa banyak ton limbah rambut yanga ada. Oleh karena itu, pertanyaannya adalah apakah ada pemanfaatan limbah rambut? Jawabannya adalah tentu saja ada. Namun, di samping itu juga banyak pemilik salon yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengolah limbah rambut sebanyak itu. Sehingga tidak sedikit di antara mereka yang membuang limbah rambut tersebut ke sungai atau tempat sampah begitu saja. Tentunya hal itu sangat disayangkan, karena limbah rambut bisa dimanfaatkan untuk beragam hal.

Pemanfaatan limbah rambut yang bisa dilakukan antara lain yaitu:
  • Dibuat untuk rambut palsu atau wig: Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wig atau rambut palsu. Rambut palsu tidak hanya digunakan oleh kaum perempuan saja, melainkan juga kaum laki-laki. Biasanya kaum perempuan ataupun laki-laki yang menggunakan wig untuk keperluan penambah kepercayaan dirinya. Misalnya seperti adanya pitak atau rambut yang tidak tumbuh merata atau juga tidak percaya diri dengan jenis rambutnya bisa menggunakan wig. Wig ada dua jenis yaitu yang menggunakan rambut asli dan rambut sintesis.
  • Pupuk dari limbah rambut: Menurut penelitian yang ada mengungkapkan bahwa penambahan sekitar 5-10% potongan rambut ke dalam media kompos dapat meningkatkan produktivitas tanaman mencapai 10%.
  • Kebutuhan fashion: Sehelai limbah rambut bisa dimanfaatkan untuk membuat pakaian. Seperti misalnya yang pernah dipakai oleh Lady Gaga dalam sebuah penampilannya di acara penghargaan. Tidak hanya pakaian, bisa juga dibuat untuk gelang, cincin, dan kalung.
Itulah beberapa bentuk pemanfaatan limbah rambut yang dapat Anda coba. Baca juga pemanfaatan limbah jerami yang ternyata dapat menghasilkan barang yang bernilai ekonomis tinggi. 

Artikel Terkait

Bagaimana Pemanfaatan Limbah Rambut?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email