Pemanfaatan Limbah Padi untuk Keseharian

Pemanfaatan Limbah Padi Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Nah, biasanya setiap negara di dunia ini memiliki beragam pilihan makanan pokok untuk masyarakatanya. Seperti halnya masyarakat di Indonesia, makanan pokoknya adalah nasi. Nasi berasal dari padi yang ditanam di sawah. Dapat kita lihat bahwa beberapa daerah di Indonesia masih banyak ditemui area lahan yang digunakan untuk sawah. Hal itu tentunya untuk menunjang kebutuhan beras bagi masyarakat Indonesia sendiri. Dari padi kemudian diolah menjadi beras dan diolah lagi menjadi nasi. Namun, kita pastinya tidak menyadari bahwa dari pengolahan padi menjadi beras itu terdapat lembah yang tidak kita perhatikan keberadaannya yaitu jerami padi. Jerami padi memang merupakan salah satu limbah pertanian yang tidak banyak dimanfaatkan. Banyak petani membuang limbah jerami padi atau dengan melakukan pembakaran jerami padi tersebut. Nah, dari sanalah dapat menimbulkan pencemaran pada lingkungan. Membuang limbah jerami padi pun dilakukan di sungai, sehingga dapat mengganggu stabilitas ekosistem sungai.

Pemanfaatan Limbah Padi untuk Keseharian

Pembuangan atau pembakaran jerami padi tentunya tidak bisa didiamkan begitu saja. Jika hal itu terjadi terus-menerus, tentunya dapat mengganggu kestabilan kehidupan kita. Nah, dengan begitu kita harus mencari tahu apakah pemanfaatan limbah padi itu bisa dilakukan agar bisa menekan tumpukan limbah padi yang ada. Jika bisa berhasil mengolah limbah padi yang ada, kita bisa menjadikannya produk yang bisa menghasilkan tambahan penghasilan. Tidak hanya itu, limbah jerami padi pun bisa memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita. Bahkan tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja, pengolahan limbah jerami padi dapat dimanfaatkan binatang ternak. Mari kita cari tahu apa saja yang bisa dimanfaatkan dari limbah padi.

Pemanfaatan limbah padi yang bisa dilakukan antara lain yaitu:
  • Pupuk dari limbah jerami padi: Pemakaian jerami padi untuk pupuk kurang banyak dilakukan. Nah, jika digunakan untuk bahan pupuk, jerami padi ini memiliki kandungan yang baik untuk tanaman padi. Jerami padi dapat diolah pupuk organik, yang mana memiliki kandungan nitrogen tinggi. Pupuk ini dapat menggantikan pupuk urea dan juga pupuk berunsur N yang lain.
  • Limbah jerami padi untuk pakan ternak: Jerami padi memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk ternak. Jika diolah dengan benar dan baik, limbah padi dapat meningkatkan kadar gizi pada pakan ternak. Caranya yaitu campurkan jerami padi pada pakan ternak untuk konsumsi harian.
  • Media jamur dari limbah jerami padi: Jerami padi memiliki peranan penting untuk media tumbuh kembang jamur, terutama untuk jenis jamur merang, jamur kancing, dan lainnya.
  • Bahan campuran kosmetik: Limbah jerami padi bisa menjadi campuran untuk bahan shampo. Shampo yang dimaksudkan adalah shampo yang terbuat dari merang padi. Merang adalah jerami padi yang sudah melalui proses pembakaran. Nah, arang pembakaran tadi ditaburkan di kepala dan bilas sampai bersih. Shampo merang dapat membuat rambut menjadi lebih hitam dan juga menutrisi akar rambut.
Masih banyak bahan bekas lain yang dapat dioptimalkan fungsinya seperti pemanfaatan limbah oli. Temukan juga informasi pemanfaatan limbah-limbah bekas lainnya hanya di sini tempatnya.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Padi untuk Keseharian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email