Beberapa Pemanfaatan Limbah Oli yang Bisa Dicoba

Artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana pemanfaatan limbah oli. Pastinya kita sudah tidak asing dengan yang namanya oli, bukan? Oli merupakan bahan pelumas untuk mesin kendaraan kita. Bagaimana kinerja atau performa dari mesin kendaraan yang kita miliki bergantung juga dengan jenis oli yang kita gunakan. Oleh karena itu, kita akan memilih menggunakan oli yang berkualitas baik. Oli yang kualitasnya kurang baik tentunya akan berpengaruh pada daya tahan mesin kendaraan. Maka dengan begitu, kadang mesin kendaraan kita rusak diakibatkan oleh kita salah menggunakan oli. Penggunaan oli yang kualitasnya tidak baik akan mengakibatkan tertinggalnya ampas atau sisa pada mesin kita. Dari itulah menjadi sebab mesin kendaraan tidak awet dan sering mogok atau mati di tengah jalan. Tentunya hal itu akan sangat menggangu aktivitas kita. Jika sudah begitu, tentunya jalan yang harus kita lakukan adalah melakukan servis dengan rutin mengganti olinya. Nah, setelah diganti dengan oli yang baru, bagaimana dengan oli bekasnya?

Beberapa Pemanfaatan Limbah Oli yang Bisa Dicoba

Mungkin kita kurang memperhatikan bagaimana atau apa yang akan dilakukan dengan oli bekas. Perlu kita ketahui jika dalam seharian ada banyak kendaraan yang mengganti oli, maka akan ada banyak pula oli bekas yang akan dibuang. Namun, kemana oli-oli bekas itu akan dibuang? Hal ini perlu menjadi perhatian bagi kita. Melakukan pemanfaatan limbah oli merupakan hal yang perlu kita lakukan. Banyak oknum yang membuangnya tidak benar, sehingga akibatnya dapat merusak lingkungan. Seperti misalnya dibuang di tanah, maka dapat merusak kualitas tanah itu sendiri. Jika dibuang di sungai, tentunya pun akan merusak sungai dan ekosistem di sungai. Kita bisa melakukan beragam cara untuk mendaur ulang oli bekas.

Pemanfaatan limbah oli yang bisa dilakukan antara lain yaitu:
Pelumas rantai: Sama halnya dengan fungsi awal oli itu sendiri, oli bekas pun tetap bisa digunakan sebagai pelumas yaitu pelumas rantai. Tidak hanya pada rantai saja, oli bisa digunakan untuk melumasi rantai roda motor atau mobil kita. Hal itu dilakukan untuk membuat rantai atau gear tidak cepat aus. Namun, perlu diperhatikan jika menggunakan oli bekas yang sudah rusak, maka justru bisa merusak si gear tersebut.

Bahan pembakaran: Oli bekas bisa dimanfaatkan untuk bahan bakat pada kayu bakar yang kita gunakan. Menggunakan oli bekas akan menekan pengeluaran biaya. Selain itu penggunaan oli bekas memiliki oktan rendah dapat menghasilkan pembakaran yang cukup lama.


Penghilang Karat Knalpot: Karat pada knalpot dapat mengganggu sistem pembuangan pada kendaraan motor kita. Dengan begitu, knalpot bisa bocor dan menghasilkan suara bising. Maka dengan begitu, kita bisa menggunakan oli bekas untuk menghilangkan karat pada knalpot kendaraan kita. Caranya panaskan mesin motor sampai knalpot terasa hangat. Lalu, oleskan oli bekas pada knalpot yang berkarat.

Artikel Terkait

Beberapa Pemanfaatan Limbah Oli yang Bisa Dicoba
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email