Seperti Apa Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng?

Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng – Sebagai ibu rumah tangga pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya minyak goreng, bukan? Ya, minyak goreng dapat dikatakan merupakan bahan yang dibutuhkan dan digunakan oleh para ibu rumah tangga. Minyak goreng merupakan minyak untuk menggoreng segala macam makanan yang digoreng. Minyak goreng bisa dengan mudah kita temukan di pasar, supermarket, dan ataupun warung-warung dekat dengan lingkungan rumah. Minyak goreng yang ada bermacam-macam jenisnya. Jenis-jenis minyak goreng yang ada antara lain yaitu terbuat dari minyak kelapa sawit, zaitun, minyak ikan, dan sebagainya. Penggunaan minyak goreng sendiri disesuaikan dengan jenis masakan atau makanan yang akan digoreng. Untuk menggoreng ayam dan ikan misalnya akan membutuhkan minyak yang sedikit lebih banyak. Namun, perlu diperhatikan minyak goreng hanya dapat digunakan setelah dipanaskan atau setelah dipakai untuk menggoreng. Jika digunakan berulangkali minyak dapat menghitam. Nah, jika sudah begitu dapat menimbulkan beragam penyakit di dalam tubuh kita.

Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng

Minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali atau biasa disebut minyak jelantah, tentunya akan dibuang, bukan? Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa minyak goreng yang sudah tidak layak pakai akan membuat penyakit di dalam tubuh ini jika masih digunakan terus-menerus. Namun, perlu diperhatikan bahwa kita tidak bisa sembarangan begitu saja membuang minyak goreng yang sudah tidak terpakai atau minyak jelantah. Pemanfaatan limbah minyak goreng mungkin dapat menjadi hal yang kita coba. Limbah minyak goreng perlu kita ketahui bahwa dapat merusak lingkungan jika kita salah-salah membuangnya. Banyak orang yang membuangnya begitu saja di sungai. Dengan demikian tentunya bisa merusak kualitas air di sungai. Ikan-ikan bisa mati dan ekosistem di sungai bisa rusak.

Pemanfaatan limbah minyak goreng dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu kita tidak perlu cemas lagi akan minyak goreng bekas atau minyak jelantah. Pemanfaatannya antara lain yaitu:

Bahan tambahan untuk pakan ternak: Menurut penelitian yang telah dilakukan menerangkan bahwa minyak jelantah dapat digunakan untuk campuran pakan burung puyuh. Lakukan pemurnian minyak jelantah 3 kali untuk menghindari sifat karsiogenik pada minyak tersebut.

Bahan bakar lampu minyak: Minyak goreng bekas dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar lampu minyak. Caranya tuangkan minyak jelantah tersebut ke dalam wadah lampu minyak. Ambil segumpal kapas dan tunggu sampai minyak meresap di kapas tersebut. Nyalakan korek api dan bakar kapas hingga menerangi lampu minyak.


Sabun cair: Limbah minyak goreng bekas dapat juga dimanfaatkan untuk bahan tambahan pembuatan sabun cair. Penggunaan minyak goreng bekas tersebut bisa dipadupadankan dengan bahan abu kulit buah kapuk randu. Caranya ekstraksi abu kulit buah kapuk randu menjadi soda qie dan dilarutkan untuk menjadi kalium hirdoksida. Panaskan kalium hidroksida dengan minyak jelantah sampai 110 derajat selama 1 jam. Proses tersebut disebut saponifikasi yang menghasilkan sabun cair.

Itulah beberapa pemanfaatan limbah minyak goreng yang dapat Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Temukan juga beberapa pengolahan limbah bekas lainnya hanya di sini tempatnya.

Artikel Terkait

Seperti Apa Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email