Pemanfaatan Limbah Lampu Neon Menjadi Barang yang Bernilai

Pemanfaatan Limbah Lampu Neon Hidup di zaman yang modern seperti saat ini banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Salah satu manfaatnya adalah rumah-rumah sudah dialiri listrik dan lampu-lampu meneranginya. Gedung-gedung bertingkat, jalanan, dan tempat umum lainnya pun sudah diterangi oleh lampu. Ya, meskipun kecil, tetapi lampu memberikan dampak yang banyak untuk masyarakat di dunia ini. Jika tidak ada lampu di malam hari, aktivitas yang kita lakukan akan terhambat karena gelap. Oleh karena itulah, lampu sangat dibutuhkan. Bahkan tidak hanya di malam hari saja lampu dibutuhkan, di pagi hari dan siang hari lampu dibutuhkan untuk penerangan, meskipun sudah terdapat penerangan dari cahaya matahari. Lampu yang ada di masa kini bermacam-macam, mulai dari ukuran, warna, dan kegunaannya. Adanya inovasi lampu, kini lampu-lampu yang ada pun berjenis hemat energi. Nah, untuk salah satu jenis lampu yang banyak digunakan adalah lampu neon.
Pemanfaatan Limbah Lampu Neon

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan lampu neon. Ya, lampu neon sebagian besar digunakan untuk keperluan rumah tangga. Namun, untuk penerangan jalanan pun menggunakan lampu neon. Lampu tentunya memiliki usianya. Seperti halnya lampu neon yang telah lama digunakan akan rusak atau tidak bisa digunakan lagi. Dengan begitu, lampu neon yang telah rusak atau mati digantikan dengan yang baru. Nah, masalahnya adalah bagaimana pemanfaatan limbah lampu neon? Seperti yang kita ketahui bahwa lampu neon bukanlah bahan yang bisa langsung rusak atau hancur setelah dibuang. Malahan limbah lampu neon bisa mengotori dan menambah kapasitas sampah yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, untuk menekan kapasitas sampah atau limbah lampu neon. Kita bisa melakukan beragam cara untuk memanfaatkan limbah lampu neon.

Lampu neon pada dasarnya terbuat dari kaca, sehingga kita harus berhati-hati untuk mendaur ulangnya. Nah, jika terbuat dari bahan kaca, maka paling tidak kita bisa memanfaatkannya untuk beragam barang yang berbahan kaca. Pemanfaatan limbah lampu neon seperti misalnya untuk lampu hiasan. Caranya tidak sulit karena bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah untuk mendapatkannya. Siapkan bahan-bahan antara lain seperti lampu neon bekas, minyak parafin atau minyak tanah, serta hidrokarbon cair. Untuk jumlah lampu neon yang diperlukan bisa menyesuaikan dengan jumlah hiasan atau bentuk hiasan yang akan dibuat. Langkah pembuatannya antara lain yaitu:
  • Lampu neon bekas dicuci bersih dan dijemur di bawah matahari
  • Setelah benar-benar kering, lampu neon dibakar dan dibentuk sesuai dengan keinginan kita
  • Masukkan minyak parafin sesuai dengan warna yang kita inginkan
  • Kita bisa mengukir hiasan yang telah dimasukkan minyak parafin
  • Setelah itu hiasan didinginkan dan siap digunakan
Itulah pemanfaatan limbah neon secara kreatif yang dapat Anda coba di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Temukan juga informasi menarik lainnya seputar pemanfaatan limbah hanya di sini tempatnya.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Lampu Neon Menjadi Barang yang Bernilai
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email