Bagaimana Pemanfaatan Limbah Kopi?

Anda ingin selalu terlihat segar? Anda bisa mengetahui beberapa cara sehat untuk mengelolaan pemanfaatan limbah kopi yang masih bisa dimanfaatkan. Sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu apa itu kopi. Kopi berasal dari biji tanaman kopi yang dipanggang, kopi disajikan seperti minuman bisa disajikan dalam bentuk panas atau dingin. Ada beberapa proses pengolahan kopi yang bisa dimulai dari biji hingga siap dihidangkan, serta pengelolaan limbah kopi agar tidak berbahaya bagi lingkungan. Sisa kopi yang ada masih bisa terus diolah sehingga tidak akan ada yang terbuang sia-sia. Limbah memang seharusnya harus bisa dimanfaatkan agar tidak terbuang dan menyebabkan penyakit. Kopi memang tidak dipungkiri banyak sekali yang menyukainya, karena memang bisa menghangatkan tubuh dan bisa menghilangkan kantuk. Kopi memang dihargai per gelasnya hanya Rp 2.000 sampai RP 5.000 saja. Sangat terjangkau dan murah bagi semua penikmatnya. Bagi yang memang pecinta kopi ingin sekali merasakan kopi-kopi khas setiap daerah yang tentu memiliki cita rasa yang berbeda pula.

Pemanfaatan Limbah Kopi

Biasanya para lelaki lebih menyukai kopi hitam yang memang akan membuat tergoda bagi penikmatnya. Tidak akan enak rasanya jika satu hari belum meminum kopi bagi seorang pria. Saat minum kopi biasanya disambi dengan sebatang rokok. Kopi yaitu minuman yang bisa membuat semua orang ketagihan dan selalu ingin terus. Pemanfaatan limbah kopi memang diperlukan agar semua komponen yang ada di dalam kopi bisa dikelola dengan baik.

Bagi anda yang ingin melakukan pemanfaatan limbah kopi bisa mudah melakukannya. Ada beberapa tahap yang bisa anda lakukan pemanfaatan limbah, yaitu :

Limbah untuk biodiesel
Dalam pengelolaan limbah kopi bisa dimanfaatkan sebagai biodesel. Untuk prosesnya bisa dengan ekstraksi kandungan minyak yang ada di dalam limbah kopi. Kandungan biodesel yang ada didalam kopi yaitu sebesar 10% sampai 20%. Kompetensi untuk menghasilkan kopi dari biodesel sangat banyak untuk seluruh dunia setiap tahunnya.

Limbah untuk pakan ternak
Mungkin dari sebagian anda masih belum mengetahui bahwa limbah kopi bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Limbah kopi yang bisa dimanfaatkan berasal dari kulit kopi. Untuk cara pembuatannya pun mudah dengan mencampurkan gula pasir, NPK, urea, lalu mencampur Asperigillus Niger kemudiak lakukan aerasi selama 24-36 jam, dan setiap beberapa jam buihnya dibuang. Lalu larutan Asperigillus siap dipakai. Untuk limbah kopi bisa dicampur dengan larutan Aspergillus yang siap digunakan dengan sebelumnya didiamkan selama 5 hari. Maka limbah kopi bisa digunakan setelah difermentasi. Limbah tersebut anda keringkan terlebih dahulu lalu digiling sehingga menjadi tepung limbah yang kering dan siap menjadi pakan ternak. Limbah dari kopi ini sangat baik untuk ternak yang bisa untuk menambah bobot berat hewan.

Itulah beberapa pemanfaatan limbah kopi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tentu masih ada banyak manfaat lainnya dari limbah kopi. Salam

Artikel Terkait

Bagaimana Pemanfaatan Limbah Kopi?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email