Hasil Olahan dari Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis sayur yang umum dan mudah sekali di temukan di sekitar kita. Ada banyak jenis jagung yang bisa dijadikan sumber bahan makanan seperti halnya jagung manis maupun jagung biji. Ternyata ada banyak manfaat dari jagung mulai dari bagian batang, kulit, daun, maupun hingga bagian bonggolnya. Bagian batang dan daunnya banyak digunakan untuk pakan ternak karena mengandung gizi serta nutrisi yang baik untuk pencernaan hewan. Selain itu, kulit jagung pun juga dapat dijadikan bahan dasar untuk berbagai produk kerajinan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pemanfaatan limbah bonggol jangung yang dapat diolah menjadi sesuatu yang menghasilkan manfaat cukup besar.

Hasil Olahan dari Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Berikut inilah daftar hasil olahan dari pemanfaatan limbah bonggol jagung yang mungkin banyak dibutuhkan oleh orang lain.

Sumber bahan kue ataupun kuliner
Bonggol jagung ini masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan kuliner seperti halnya untuk membuat puding maupun es krim. Pati dari bonggol jagung yang sudah dihaluskan tersebut juga mengandung serta yang tinggi sehingga baik untuk diet.

Sebagai pengganti bahan plastik
Belum banyak yang tahu jika ternyata limbah bonggol jagung ini bisa diolah menjadi bahan plastik. Bonggol jagung ini mengandung selulosa yang bermanfaat untuk membuat bahan plastik. Jika hal ini dikembangkan maka akan menjadi ide baik untuk membuat plastik ramah lingkungan.

Untuk bahan dasar kerajinan
Kerajinan dari limbah bonggol jagung asli Indonesia ini sudah banyak dilirik oleh berbagai negara lain. Hasil kerajinan ini antara lain seperti kap lampu hias, alas gelas, dan lain sebagainya.

Bahan pembakar
Bonggol jagung kering juga dapat dijadikan pengganti kayu bakar. Panas yang dihasilkan dari bonggol jagung ini pun juga stabil dan maksimal sehingga banyak orang yang menggunakannya terutama di pedesaan.

Alternatif pengganti BBG (bahan bakar gas)
Ternyata bonggol jagung ini dapat dijadikan pengganti gas. Bonggol jagung yang suda dikeringkan akan menghasilkan zat panas dan juga uap kemudian uap tersebut disalurkan ke perangkat penyaringan. Nah, uap tersebut akan menjadi bahan energi khusus yang baik untuk lingkungan.


Selain kelima pemanfaatan limbah bonggol jagung tersebut, kita juga dapat memanfaatkannya sebagai sumber pakan ternak. Bonggol jagung ini bisa dijadikan makanan organik untuk sapi, unggas, maupun kambing. Nutrisi yang terkandung di tepung kering bonggol jagung tersebut mengandung karbohidrat kompleks, zat besi, protein, mangan, kalsium, dan lain sebagainya yang baik untuk melancarkan pencernaan hewan. Hal ini sudah mulai banyak dikembangkan oleh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas dari hewan ternak. Itulah ulasan singkat mengenai pemanfaatan dari limbah bonggol jagung yang dulu kerap dianggap sebagai sampah karena tidak memiliki nilai guna.

Artikel Terkait

Hasil Olahan dari Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email