Pemanfaatan Limbah Kertas: Cara Unik Menanam Tanaman Dengan Limbah Kertas Sebagai Media Pengganti Tanah

Pemanfaatan limbah kertas menjadi isu yang semakin penting untuk diperhatikan beriringan dengan meningkatnya kebutuhan dan penggunaan kertas di Indonesia. Isu peningkatan dari limbah kertas juga berkaitan secara langsung dengan isu pemanasan global. Pemanfaatan kertas dan kebutuhan akan kertas yang semakin meningkat akan menjadikan bumi semakin berada pada masa krisi akibat pemenuhan kebutuhan akan kertas yang tidak terkendali. Isu ini tidak hanya menyangkut mengenai bagaimana limbah harus diatasi akan tetapi juga menyangkut mengenai bagaimana kertas itu dibuat dan bagaimana bahan pembuat kertas diperoleh. Ada kemungkinan bahwa penebangan hutan ilegal yang semakin marak terjadi di hutan Kalimantan memiliki keterkaitan dengan isu pemenuhan kebutuhan akan kertas yang semakin meningkat. Karena faktor-faktor tersebut, pengelolaan limbah kertas tidak cukup hanya mencakup reuse akan tetapi juga harus dapat mencakup recycle secara maksimal.
Pemanfaatan Limbah Kertas

Dampak dari tidak maksimalnya pemanfaatan limbah kertas dapat menjadi buruk bagi kesejahteraan manusia sendiri. Berikut ini adalah dampak yang akan muncul dari tidak maksimalnya penggunaan kertas di Indonesia.

Semakin maraknya penebangan liar
Kertas merupakan benda yang dibuat dari serat kayu yang dijadikan bubur dimana kemudian akan dicetak dan dibentuk sebagai sebuah. Karena menggunakan serat kayu sebagai bahan pembuatan kertas penebangan hutan akan semakin meningkat apabila kebutuhan kertas meningkat pada tahap yang tidak terkendali. Padahal, di Indonesia terdapat aturan ketat yang menaungi penebangan hutan karena itu akan sedikit orang yang dapat memperoleh izin penebangan hutan. Akibat dari hal ini, akan memungkinkan munculnya oknum yang nekat melakukan penebangan diluar batas kuota atau tanpa izin pemerintah.

Pemanasan Global
Pemanasan global disebabkan karena terjadinya pencemaran lingkungan disertai dengan menurunya jumlah pohon yang berfungsi sebagai pembersih udara yang menghasilkan oksigen sebagai hasil dari fotosintesis. Ketika kebutuhan kertas meningkat, jumlah pohon juga akan semakin menurun. Untuk mencapai usia maksimal sebagai penghasil oksigen, pohon atau tumbuhan akan memerlukan bebrapa tahun untuk dapat tumbuh. Sedangkan penebangan pohon setiap harinya mencapai lebih dari 3 digit angka. Karena hal ini, oksigen akan semakin berkurang akibat meningkatnya penebangan pohon dan penggundulan hutan.


Karena dampak-dampak tersebut, pemanfaatan kertas beserta limbahnya harus dilakukan secara efisien. Salah satu metode mudah untuk melakukan pemanfaatan kembali limbah kertas adalah dengan menjadikan limbah kertas sebagai media tanam. Meskipun tidak dapat memecahkan permasalah penebangan pohon akibat kebutuhan kertas, setidaknya dengan metode ini kita dapat menjaga lingungan dari pencemaran limbah kertas. Cara untuk menjadikan limbah kertas sebagai media tanam cukup sederhana. Pertama, haluskan kertas sehingga menjadi halus. Kemudian rendam dengan air sehingga menjadi bubur dan saring agar tinta yang ada pada kertas dapat tersaring. Selanjutnya rebus limbah kertas tersebut untuk menghilangkan bakteri dan microorganisme lain. Siapkan sebuah pot dan taruh limbah kertas yang telah direbus kedalam pot. Taruh beberapa biji tanaman, atau bibit tumbuhan dan kemudian rawat setiap hari dengan menggunakan MOL karena kertas tidak mengandung unsur kesuburan tanah. Dengan metode ini, kita sudah dapat melakukan pemanfaatan limbah kertas sebagai media pengganti tanah.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Kertas: Cara Unik Menanam Tanaman Dengan Limbah Kertas Sebagai Media Pengganti Tanah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email