Pemanfaatan Limbah Kain Perca yang Kreatif

Bagi anda yang ingin melakukan pemanfaatan sesuatu agar bisa digunakan sangat mudah caranya. Dalam hal ini anda bisa melakukan pemanfaatan limbah kain perca. Dalam penggunannya kain perca memang sering sekali digunakan untuk membuat bantal, tas, ataupun bahan lainnya. Bahan kain perca ini memang sangat lembut dan halus sekali. Adanya limbah memang harus dimanfaatkan agar tidak terbuang sia-sia atau bahkan bisa menimbulkan penyakit. Bahan ini memang sangat lembut untuk dijadikan sebagai sesuatu yang bermanfaat. Namun pastinya dalam membuat sesuatu akan ada sisaan-sisaan yang biasanya akan dibuang. Khususnya untuk limbah tekstil jika tidak segera dimanfaatkan akan berdampak buruk bagi tubuh dan lingkungan yang ada disekitarnya. Jika anda ingin memanfaatkan limbah garmen tersebut bisa langsung datang ke pabrik garmen dan langsung memborong semua yang ada di pabrik agar bisa langsung diolah. Sisa tekstil jika tidak dilakukan pemanfaatan limbah kain perca akan berdampak bagi lingkungan. Lingkungan sekitar rumah anda pun akan tercemar dan kotor. Adapun karakteristik dari limbah tekstil yang harus segera dimanfaatkan, yaitu :
  • Apabila dibakar asapnya bisa mencemari udara
  • Dapat merusak biota atau makhluk hidup yang ada di tanah dalam jangka waktu tertentu
  • Bisa menjadi sumber penyakit
  • Membutuhkan tempat yang luas untuk pembuangannya.
  • Sulit menyatu dengan alam
Untuk melakukan pemanfaatan limbah kain perca bisa dengan mudah melakukannya. Ada beberapa hal yang mesti anda pahami agar tidak salah dalam melakukan pemanfaatan limbah pabrik ini. Limbah pabrik memang harus bisa dimanfaatkan agar tidak tercemar. Beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

Pemanfaatan Limbah Kain Perca yang Kreatif

Membuat Kerajinan Tangan Keset Yang Unik
Dalam membuat kerajinan tangan ini memang pasti tidak terpikirkan akan dibuat hal seperti ini. Ini dipelopori dari warga yang ada di daerah Ibukota Jakarta. Memang akan sangat bermanfaat sekali dalam pembuatan keset unik ini. Harga jual dari keset ini pun cukup mahal kisaran Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Dalam pembuatannya pun cukup mudah anda tinggal sediakan bahan utama yaitu kain perca, kain tebal, kain tipis, benang, serta gunting. Buatlah model yang unik agar pelanggan semakin tertarik.

Membuat Tas Unik
Hampir sama dengan membuat keset, hanya saja motif dan cara olahannya berbeda. Untuk membuat tas anda harus memiliki ide yang berbeda dan unik agar pelanggan membelinya. Tas dari kain memang banyak dicari, karena bahannya yang lembut.

Peluang bisnis ini memang sangat berpeluang bagi siapapun jika ingin mencobanya. Limbah kain pun bisa dimanfaatkan jika anda memiliki ide yang kreatif. Silahkan mencobanya dan semoga berhasil dalam memanfaatkan limbah kain perca ini. Good luck.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Kain Perca yang Kreatif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email