Pemanfaatan Limbah Jerami Bernilai Jual Tinggi

limbah jerami bagi sebagian orang memang terlihat seperti sangat mengganggu. Banyak limbah jerami yang hanya dimusnahkan dengan cara dibakar atu juga di pendam dibawah tanah, bagi sebagain orang yang tidak tahu mungkin jerami ini memang tidak memiliki manfaat, namun bagi beberapa orang yang memiliki kreatifitas dan pemikiran bisnis biasanya akan banyak sekali ide-ide yang bisa dikembangkan agar limbah jerami bisa dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual yang tinggi. Pemanfaatan limbah jerami sebenarnya sudah banyak sekali dilakukan, pada beberapa daerah limbah jeramin ini bahkan dicari dan dibeli untuk membuat beberapa produk penting yang bisa digunakan untuk memnuhi kebutuhan masyarakat.

Pemanfaatan Limbah Jerami Bernilai Jual Tinggi

Beberapa macam bentuk pemanfaatan limbah jerami yang biasanya dilakukan oleh para pengrajin limbah jerami tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Media Tanam Jamur
Bagi para pembudidaya jamur tentunya anda tahu pasti bahwa jerami ini termasuk media yang sangat baik bagi pertumbuhan jamur, seperti jamur merang, jamur kancing, jamur tiram dan jamur jenis lainnya. memang kandungan sumber makanan, nutrisi dan zat tumbuh yang ada pada jerami sangat sesuai bagi budidaya jamur terlebih lagi jika jerami tersebut ditambahkan ZPT buatan agar bisa lebih memacu pertumbuhan jamur yang ditanam. Proses pembuatannya pun cukup simpel anda hanya perlu mengeringkan dan memberikan ZPT beberapa kali agar jamur tersebut bisa tumbuh dengan baik.

Sapu
Nah, pemanfaatan jerami ini juga bisa dibuat menjadi sapu dengan proses pengolahan yang cukup lama agar rasa gatal yang ada didalam jerami hilang.

Kasur
Baru baru ini beberapa inovasi baru bermunculan salah satunya adalah kasur yang terbuat dari jerami. Pembuatannya cukup rumit memang dimana jerami tersebut harus dikeringkan berhari-hari, dicuci dengan diberikan perlakuan khusus agar rasa gatalnya hilang. Kemudian setelah rasa gatalnya hilang dan jerami terasa lebih empuk maka jerami tersebut bisa disusun menjadi kasur.

Alas ternak
Biasanya jerami ini disimpan dibagian bawah atau pada bagian alas yang diinjak atau didiami oleh ternak seperti ternak ayam misalnya. Jerami bisa menghangatkan dan membantu ayam mengerai telur lebih cepat.

Kerajinan tangan
Jerami juga bisa dijadikan kerajinan tangan seperti menjadi vas bunga, menjadi orang-orangan sawah, menjadi hiasan dinding dan lain sebagainya.


Berbagai bentuk olahan dari pemanfaatan limbah jerami memang cukup banyak. Jadi sebagai petani padi tentu anda tahu kemana limbah-limbah jerami tersebut harus disalurkan atau bagaimana agar jerami tersebut tidak terbuang begitu saja. Sehingga selain menjadi petani anda juga bisa menyambi bisnis lain yang bisa menambah penghasilan anda. selalu manfaatkan segala bentuk barang atau benda disekitar anda karena hal tersebut bisa menjadi sumber yang mengasilkan.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Jerami Bernilai Jual Tinggi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email