Mengetahui Pemanfaatan Limbah Jeans

Jeans merupakan salah satu produk yang saat ini sangat banyak digunakan oleh hampir semua orang, baik dari yang tua hingga muda, serta laki-laki bahkan perempuan. Untuk itu akan sangat wajar jika para produsen jeans semakin banyak dan meningkatkan hasil produksinya. Namun jika di kaji ulang maka ada beberapa hal yang bisa menimbulkan pertanyaan, diantaranya adalah semakin banyak jeans, apakah limbahnya akan tersalurkan dengan aman? Nah dari pertanyaan tersebut sebagai produsen jeans tentunya sudah harus tau dan memikirkan bagaimana kelangsungan limbah jeans agar tidak menjadi merugikan dan mencemari lingkungan. Pemanfaatan limbah jeans disini akan sangat penting agar produk jeans tersebut tidak menimbulkan dampak yang negatif yang dihasilkan dari limbahnya. Limbah jeans sangat beragam ada pewarna tekstil yang biasa digunakan untuk mewarnai jeans, limbah potongan kain jeans dan lain sebagainya. Namun klai ini yang akan di kaji lebih dalam adalah mengenai pemanfaatan dari bahan-bahan sisaan jeans yang bisa dijadikan barang-barang yang cukup menjual.
Mengetahui Pemanfaatan Limbah Jeans

Beberapa barang yang dapat dihasilkan dari pemanfaatan limbah jeans diantaranya adalah sebagai berikut:

Pembuatan Tas
Saat ini banyak sekali tas berbahan jeans. Namun sebenarnya kebanyakan produsen membuat barang tersebut dari limbah jeans yang sudah tak digunakan. Limbah-limbah jeans tersebut dikumpulkan lalu didaur ulang sehingga menjadi tas yang lengkap atau sempurna seperti tas lainnya yang berbahan jeans, kemudian dimodifikasi secantik dan semenarik mungkin agar kemudian bisa menjadi barang yang bisa dijual dan menguntungkan. Seperti contohnya tas laptop, tas hand bag dan lain sebagainya. Pengolahan tas dai limbah jeans bisa dibilang tidak rumit dan juga menguntungkan bagi anda.

Aksesoris
Aksesoris yang awalnya berasal dari bahan-bahan jeans diantaranya adalah bando kepala, hiasan tas, hiasan baju batik, hiasan kaos, hiasan barang lainnya. Cara pemanfaatan dari bahan dasar limbah jeans ini biasanya sangat simpel dimana pengrajin akan mengumpulkan limbah jeans tersebut lalu mensortir bagian yang masih bisa digunakan, kemudian bahan tersebut akan dipotong sesuai keinginan dan dipsangkan pada benda yang ingin di hias oleh limbah jeans tersebut.


Pada prinsipnya semua limbah yang dihasilkan dari pabrik atau produsen-produsen besar bisa dimanfaatkan digunakan menjadi bahan atau barang jauh lebih bernilai. Seperti misalnya contoh kecil di atas pemanfaatan limbah jeans, karena jika anda tidak memanfaatkan limbah tersebut maka dampak buruknya akan diterima oleh orang lain yang memiliki kawasan tinggal didaerah sekitar pabrik anda. jadilah produsen yang cerdas yang bisa memanfaatkan segala bentuk peluang dan menghindari dampak-dampak negatif dari hal-hal yang anda perbuat. Ada pepatah yang menyatakan permata bisa dicari dari sekumpulan sampah yang terbuang, dan kamu tidak tahu bahwa yang berharga ada disitu. Semangat!

Artikel Terkait

Mengetahui Pemanfaatan Limbah Jeans
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email