Cara Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung yang Produktif

Jagung dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Zea mays, tanaman ini merupakan salah satu bahan utama dalam pasokan makanan karena memiliki peran yang hampir sama dengan padi yaitu itu sebagai sumber makanan pokok terutama bagi sebagian daerah yang terdapat di Indonesia. Keberadaan jagung yang merupakan sumber makanan pokok ini tentunya akan sangat banyak bahkan hampir terdapat disuluruh daerah indonesia. Bagi sebagain perusahaan atau pabrik yang produknya dibuat dari bahan utama jagung biasanya akan memiliki ladang jagung tersendiri, ladang yang luas yang dapat menghasilkan beribu-ribu jagung tiap panen. Namun tahukah anda jika pengolahan bahan atau produk dari jagung tersebut tidak diperkirakan secara matang dari sisi keuntungan dan sisi negatifnya makan biasanya akan ada sisa-sisa jagung yang tidak terpakai dan menjadi limbah yang jahat. Untuk itu perlu adanya pemanfaatan limbah kulit jagung agar tidak ada dampak negatif yang didapatkan oleh masyarakat sekitar.

Cara Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung yang Produktif

Cara pemanfaatan limbah kulit jagung tentunya sangat beragam dan bermacam-macam, asalkan anda kreatif dapat membuat produk apa saja yang bisa dihasilkan dari limbah jagung atau untuk lebih khususnya dari si kulit jagungnya itu sendiri. Berikut beberapa produk yang bisa dibuat dari limbah kulit jagung:

Bahan Pakan Ternak
Produk yang dapat dihasilkan dari limbah jangung salah satunya adalah pakan ternak. Pakan ternak berbahan limbah jagung memang sudah tidak asing lagi karena sudah sejak lama ada dan digunakan oleh banyak peternak seperti peternak sapi, kerbau bahkan kambing. Pakan ternak dari bahan kulit jagung juga bisa dibuat pakan silase, dimana peternak akan jauh lebih menghemat pakan selama beberapa musim disaat rumput dan jagung sudah tidak tumbuh lagi.

Bungkus Dodol
Kulit jagung juga bisa digunakan sebagai bungkus dodol, seperti wajit dan dodol tradisional lainnya. cara pembuatannya kulit jangung di cuci terlebih dahulu hingga bersih, dipotong-potong menjadi ukuran yang dibutuhkan lalu dikeringkan. Dan kulit jagung langsung bisa digunakan sebagai pembungkus dodol tradisional. Harga jual dari dodol yang dibungkus kulit jagung ini cukup mahal loh.

Kerajinan Tangan
Bagi sebagian orang-orang yang memiliki cita rasa seni yang tinggi pemanfaatan limbah jagung bisa dibuat menjadi suatu benda yang memiliki nilai jual yang tinggi seperti menjadi tas, anyaman hiasan lampu, lukisan atau gambar dan lain sebagainya.


Bagitu banyak cara pemanfaatan limbah kulit jagung, sehingga anda sebagai produsen jangung tidak perlu kebingungan limbah kulit jagung harus diapakan agar bisa menjadi olahan yang bermafaat dan tentunya tidak akan merugikan orang lain yang ada disekitar pabrik anda. selain cara-cara diatas anda juga bisa mencari lebih banyak informasi pemanfaatan dari limbah kulit jagung tersebut.

Artikel Terkait

Cara Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung yang Produktif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email