Pemanfaatan Limbah Ikan Laut Yang Sayang Kalau Tidak Anda Ketahui

Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya memiliki begitu banyak perairan yang didalamnya mengandung sumber-sumber kehidupan seperti salah satunya adalah ikan. Ikan merupakan penghasil kekayaan yang cukup besar bagi indonesia. Dalam satu tahun hasil dari penjualan ikan bisa mencapai miliyaran rupiah. Saat ini perburuan ikan sudah sangat marak sehingga perlu ada tindakan lebih lanjut dari pemerintah untuk memberantas atau mengehentikan penangkapan ikan yang tak memiliki ijin alias ilegal. Jika pemerintah berhasil maka produksi ikan akan terus meningkat dan akan banyak sekali produk-produk ikan atau penghasilan dari penjualan ikan sehingga pemasukan bagi negara juga akan sangat banyak. Namun, seiring dengan banyaknya produksi ikan maka akan ada hal lain yang perlu untuk dipertimbangkan pula seperti limbah ikan yang berupa sisa-sisa dari penggunaan ikan, misalnya tulang, kulit atau sisik, sisa-sisa daging, organ dalam ikan, cairan yang digunakan sebagai pencuci ikan. Perlu adanya pemanfaatan limbah ikan agar tidak terjadi dampak yang negatif untuk kenyamanan masyarakat indonesia.

Pemanfaatan Limbah Ikan Laut

Pemanfaatan limbah ikan dari laut bisa dimanfaatkan menjadi beberapa produk yang berkualitas, diantaranya seperti berikut:

Minyak ikan
Saat ini produk sisa ikan bisa dijadikan sebagai minyak ikan yang memiliki khasiat cukup banyak diantaranya yaitu sebagai pencegah penyakit jantung koroner, mengatasi kolestrol darah, penyakit kanker, mengatasi rambut rontok, menambah daya tahan imunitas tubuh manusia dan masih banyak penyakit lainnya.

Tepung ikan
Tepung ikan bisa dibuat dari sisa-sisa daging ikan, tulang atau juga insang. Bisa juga dibuat pakan silase bagi ternak. Yang dibuat dengan pemrosesan seperti dimasak, dipres, dikeringkan kemudia digiling atau juga diawetkan menggunakan bahan kimia untuk pakan silase ternak.

Minced Fish Atau Daging Lumat
Daging lumat ini dibuat dari sisa daging ikan yang masih menempel pada tulang-tulang ikan, lalu dikumpulkan dalam jumlah banyak dan diolah untuk dijadikan bahan dasar dalam pembuatan bakso ikan, sosis ikan, siomay, nugget, serta produk berbahan dasar ikan lainnya.

Pupuk Organik Ikan (Pupuk Cair)
Semua sisa-sisa limbah ikan seperti bagian kulit atau sisik, daging, tulang, cairan tubuh ikan atau bahkan air hasil pencucian ikan bisa dibuat menjadi pupuk organik yang memiliki kandungan lengkap dan baik untuk digunakan sebagai pupuk bagi tanaman. Dan pupuk cair berbahan limbah ikan ini terbukti sangat efektif.

Kerajinan Tangan
Sisik ikan yang beragam bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan. Berbagai macam pemanfaatan limbah ikan diatas bisa menjadi insfirasi dan juga bisa dijadikan bahan usaha yang menguntungkan sehingga limbah ikan tidak akan menjadi bencana yang menimbulkan banyak kerugian bagi kalangan masyarakat, tertama masyarakat yang berada disekitar pebrik produksi ikan.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Ikan Laut Yang Sayang Kalau Tidak Anda Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email