Cara Pemanfaatan Limbah Botol Kaca

Banyaknya limbah yang ada disekililing kita menjadi keprihatinan sendiri, apalagi bagi limbah yang sangat sulit untuk terurai  seperti botol kaca. Botol kaca jika dibiarkan dan dibuang maka akan mengakibatkan jumlah sampah yang sangat sulit untuk dihilangkan, maka satu satunya cara adalah melakukan pemanfaatan limbah botol kaca. Limbah botol kaca bisa anda manfaatkan menjadi suatu barang yang berguna, indah dan mempesona. Diantaranya adalah untuk pembuatan frame lilin, pajangan, meja hias, vas bunga, tempat gelang, atau frame lampu. Cara membuatnya juga sangat mudah sekali, anda bisa dengan mudah paham hanya dengan membaca tutorialnya saja, dan yang penting sediakan alat dan bahan bahannya.

Cara Pemanfaatan Limbah Botol Kaca

Pemanfaatan limbah botol kaca bisa anda gunakan sehari hari, dan pastinya menambah suasana yang ditempati akan terasa lebih hidup dan kreatif. Diantara pemanfaatnnya antara lain

Frame lampu
Frame lampu bisa anda buat dengan menggunakan limbah botol kaca, siapkan bahan bahannya seperti botol kaca, rantai besi, papan kayu, bor, kabel, palu dan paku. Cara membuatnya dengan memotong bagian bawah botol kaca, lubangi kayu yang sudah disiapkan tadi menggunakan bor, mulut botol pasangkan dilubang kayu tersebut, dan ganjallah dengan rantai agar tidak jatuh, kemudian pagu anda tancapkan ke papan, dan rantai kaitkan di paku tersebut agar tidak lepas. Dan kabel tinggal anda masukkan, hingga lampu berada di dalam botol.

Meja hias
Bahan untuk pembuatan meja hias yang perlu anda siapkan adalah botol kaca, papan kayu, gergaji, bor, cat kayu. Cara membuatnya adalah potong papan kayu sesuai selera anda, haluskan dan warnai sesuai yang anda inginkan, kemudian lubangi papan tersebut dengan bor, dan pastikan ukuran lubang tersebut sama dengan mulut botol, dan jumlah lubang disesuaikan dengan jumlah botol, dan selanjutnya adalah pasang mulut botol ke dalam lubang. Meja hias siap untuk anda gunakan menyambut tamu.

Vas bunga
Untuk membuat vas bunga sangat mudah sekali caranya. Anda cukup menyediakan bahan dan alat botol kaca, cat warna dan selotip. Cara membuatnya sangat mudah sekali, anda hanya perlu meletakkan selotif ke botol, dan anda bisa menggunakan selotif untuk membentuk motif yang anda inginkan, cat semua botol dengan warna pilihan anda, tunggulah hingga cat warna kering, setelah kering baru anda lepas semua selotip yang ada pada botol.

Pemanfaatan limbah botol kaca lainnya masih banyak lagi, dan cara pembuatannya juga sangat mudah, bahan dan peralatan bisa anda dapatkan di perkakas rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang, bahkan hingga sepeserpun. Manfaat yang didapat sangat penting, selain membuat kerajinan yang indah dan ekonomis, juga bermanfaat untuk mengurangi limbah yang tidak berguna.

Artikel Terkait

Cara Pemanfaatan Limbah Botol Kaca
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email