Cara Pemanfaatan Limbah Batu Bara

Dengan kemajuan teknologi segala kebutuhan manusia di dunia ini terpenuhi dengan mudah dan cepat, salah satunya adalah bahan bakar yang mampu menghasilkan api dan bisa juga digunakan untuk memasak, yaitu batu bara. Batubara didapat dari hasil pertambangan, batubara juga menghasilkan limbah yang memiliki dua bentuk, yaitu limbah abu dan limbah yang berwujud butiran butiran sisa pengelolaan batubara. Jika anda membuang tanpa ada proses pengolahan limbah maka akan menyebabkan lingkungan tercemar dan merusak biota yang ada didalamnya. Contohnya tercampur kedalam air maka air tersebut tidak bisa dikonsumsi oleh manusia karena didalamnya terdapat senyawa kimia yang berbahaya. Sehingga diperlukan cara pengolahan yang benar dan pemanfaatan limbah batu bara bisa dirasakan oleh orang orang disekitar anda. walaupun limbah ini cukup berbahaya, jika diproses dan diolah dengan baik maka memiliki manfaat yang banyak.

Cara Pemanfaatan Limbah Batu Bara

Limbah batu bara memiliki manfaat yang cukup banyak, hanya saja harus diolah dan diproses dengan baik. Salah satu pemanfaatan limbah batu bara antara lain :

Limbah batu bara menjadi batako
Limbah batu bara ternyata bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan batako, dengan menggunakan batako berbahan ini maka rumah yang anda bangun akan lebih kokoh. Dengan usaha batako juga dapat menghasilkan uang.

Limbah batu bara sebagai paving block
Paving blok biasanya digunakan untuk jalan, atau garasi rumah, tapi ada juga yang menggunakan untuk bata bagian dinding rumah. paving blok ternyata bisa dibuat dari limbah batu bara yaitu abu. Dengan limbah batu bara yang membahayakan ternyata sangat berguna untuk digunakan membangun rumah.

Limbah batu bara untuk semen
Ternyata kegunaan limbah batu bara bisa dijadikan semen atau bahan untuk campuran semen. Dan semen yang dihasilkan dari limbah batubara sangat baik dan terjangkau. semen sendiri adalah bahan untuk bangunan yang sangat penting keberadaannya membangun sebuah rumah.

Limbah batu bara untuk pembuatan aspal
Ternyata limbah batu bara bisa juga dimanfaatkan untuk membangun aspal, dimana aspal sendiri sangat diperlukan oleh khalayak umum, sehingga keberadaan limbah batu bara ini sangat mempunyai manfaat yang penting.

Limbah batu bara untuk bahan bakar
Batu bara yang asli memang dibutuhkan sebagai bahan bakar, namun anda ternyata bisa juga menggunakan limbah batu bara untuk kebutuhan bahan bakar. Memang hasilnya tidak sebaiknya yang asli, tapi bisa anda manfaatkan dalam keadaan darurat.


Banyaknya pemanfaatan limbah batu bara bagi kehidupan sehari hari sangat membantu masyarakat, ternyata sesuatu yang berbahaya jika diolah dengan benar bisa menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Demikian info yang bisa kami sampaikan terkait dengan pemanfaaatan limbah batu bara.

Artikel Terkait

Cara Pemanfaatan Limbah Batu Bara
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email