Cara Kreatif Pemanfaatan Limbah Batok Kelapa

Disekitar kita banyak sekali limbah yang dapat ditemukan, limbah umumnya merugikan jika tidak bisa dimanfaatkan. Salah satu limbah yang bisa anda jumpai di sekitar adalah limbah batok kelapa. Umunya buah kelapa hanya diambil air dan dagingnya saja, sisanya yaitu batok tertimbun disekitar penjual kelapa muda. Dengan adanya limbah batok yang tidak bisa terurai dengan cepat walaupun termasuk limbah organic, maka akan membawa kerugian yang besar, salah satunya adalah datangnya penyakit malaria karena telur nyamuk tertampung didalam air batok. Untuk mengatasi berbagai kemungkinan yang merugikan alangkah baiknya pemanfaatan limbah batok kelapa diketahui oleh masyarakat luas, sehingga semua masyarakat berbondong bondong untuk memanfaatkan limbah kelapa. Karena banyak sekali pilihan manfaat pada batok kelapa, diantaranya bisa dijadikan bahan kerajinan seperti tas, mangkok, tempat tisu, hiasan dan lain lain.

Cara untuk memanfaatkannya cukup mudah sekali, dibawah ini ada beberapa cara pemanfaatan limbah batok kelapa yang bisa anda praktikkan dirumah anda.

Limbah kelapa batok sebagai tempat tisu
Bahan bahan yang diperlukan batok kelapa, kawat besi dengan ukuran 30 cm, sediakan tali anyaman dari pelepah pisang, sediakan juga tatakan kayu dengan ukuran 12X12 cm, dan sediakan kabel dan lampu tidur kecil, lebih bagus lagi kalau lampu tersebut warna warni. Alat alat yang diperlukan adalah pisau untuk menghilangkan serabut kelapa, bor listrik, pernis, dan ampelas untuk menghaluskan batok. Cara membuatnya adalah bersihkan kelapa dari serabutnya, haluskan dengan ampelas, bentuk batok kelapa menjadi bagian bagian kecil dan ampelas juga agar halus, tempelan tadi silahkan bisa anda tempelkan dengan lem ke tempat tisu sederhana, beri hiasan tali dan anyaman pelapah pisang di sekitarnya.

Cara Kreatif Pemanfaatan Limbah Batok Kelapa

Limbah batok kelapa untuk tas
Caranya cukup mudah yaitu siapkan alat alat yang diperlukan seperti gergaji, amplas untuk menghaluskan, pensil, bor, kuas, vernis, tali dan batok kelapa. Caranya yaitu ambil batok kelapa belah menjadi dua bagian, gerus menggunakan parang untuk menghilangkan serabut yang masih menempel. Gunakan vernis untuk mempercantik penampilan, dan satukan bagian satu batok ke sisi batok lainnya, jangan lupa untuk melubangi batok dengan bor sebagai tempat masuknya tali, jangan lupa beri resleting dan kain sebagai alas didalamnya, kain sebut rapatkan. Dan yang terahir adalah pasang tali ditempat lubang bor tadi.


Selain pemanfaatan limbah batok kelapa diatas, ada juga cara lain untuk memanfaatkannya seperti untuk hiasan, mangkok soto, bakso atau yang lainnya, bisa juga digunakan untuk bahan bakar pembuatan keramik, batako, dan lainnya. Dengan memanfaatkan batok kelapa maka anda juga termasuk orang yang kreatif dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Artikel Terkait

Cara Kreatif Pemanfaatan Limbah Batok Kelapa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email