Inilah Contoh Pemanfaatan Limbah Bambu yang Kreatif

Di kota jarang sekali kita temui pohon-pohon yang tumbuh, apalagi pohon bambu. Padahal kegunaan pohon bambu cukup banyak. bambu mampu menyerap panas disiang hari, dan mengeluarkan panas dimalam hari, suatu barang yang dibuat dari bahan pohon bambu juga memiliki sisi seni yang cukup tinggi. Namun setiap membuat berbagai barang yang berasal dari bamboo selalu menyisakan bambu yang berukuran kecil dan tidak ada manfaatnya, sehingga hanya dijadikan sebagai bahan bakar yang tidak ada nilai ekonomisnya. Padahal sisa bambu tersebut bisa anda manfaatkan untuk suatu barang kreasi, diantaranya sebagai lukisan, gantungan kunci, dan hiasan. Pemanfaatan limbah bambu untuk kreasi hanya dilakukan oleh sebagian orang yang memiliki jiwa kreatifitas. Namun tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk mencoba mmebuat sesuatu dari limbah bambu.

Inilah Contoh Pemanfaatan Limbah Bambu yang Kreatif

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan dalam pemanfaatan limbah bambu, antara lain :

Gantungan kunci angklung
Angklung mulai dikenal oleh masyarakat dunia, dan keindahan angklung bisa anda tampilkan sebagai gantungan kunci. Alat musik angklung memang dari awalnya menggunakan bambu, sehingga souvenir gantungan kunci angklung juga bisa anda kreasikan dengan limbah bambu yang banyak dibuang oleh orang orang.

Lampu hias bambu
Jika anda memiliki limbah bambu yang cukup banyak maka cobalah untuk membuat lampu hias. Bahan bahan yang diperlukan antara lain bambu dengan diameter 10 cm, lampu 5 watt, amplas, semen, kabel, cat. Caranya yaitu ambil bambu kering dengan ukuran tersebut dan amplas untuk menghaluskannya, tambahkan cat untuk lebih terlihat halus pada bambu tersebut, pilih ruas untuk dudukan lampu, ruas lainnya silahkan digergaji, beri lubang untuk kabel, semen digunakan untuk dudukan, dan yang terahir adalah lengkapi dengan lampu serta kabel.

Autodrama atau miniature kehidupan
Jika anda memiliki bakat untuk membuat autodrama atau miniature kehidupan cobalah untuk membuat dengan bahan bambu, anda bisa menggunakan limbah bamboo yang sudah terpakai lagi. Dengan autodrama atau miniature kehidupan masih langka ditemukan, sehingga peminatnya pasti akan banyak.

Lukisan
Anda juga bisa membuat lukisan pada limbah bambu, caranya adalah dengan menyediakan beberapa alat seperti bambu, dan alat bakar seperti solder yang tersambung dengan listrik. Proses pembuatan lukisan pada limbah bambu ini masih jarang ditemui, hanya ada dibeberapa tempat. Untuk melukisnya seperti seseorang yang melukis menggunakan pensil diatas kertas, bahkan lukisan ini tidak menggunakan kanvas.

Dan masih banyak lagi pemanfaatan limbah bambu lainnya. anda bisa mencoba untuk memanfaatkan limbah bambu disekitar anda, dengan kreatifitas yang tinggi maka limbah bisa dijadikan sebagai barang yang ekonomis dan berguna. Walaupun bambu sangat mudah terurai, namun alangkah baiknya anda selalu memanfaatkan suatu barang dengan baik.

Artikel Terkait

Inilah Contoh Pemanfaatan Limbah Bambu yang Kreatif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email