Pemanfaatan Limbah Ampas Tahu Untuk Dikonsumsi Kembali

Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung gizi yang cukup tinggi. Selain harga nya yang merakyat, tahu ini sangat baik untuk pertumbuhan. Di setiap daerah tahu ini banyak macamnya. Ada tahun putih ada juga tahu yang kuning ada juga yang luarannya seperti kecoklatan. Namun pada intinya dibuat dengan proses dan bahan yang sama. Selain bisa dimakan secara langsung, tahu juga bisa kita campurkan dengan bahan sayuran lainnya untuk dimasak. Proses pembuatan tahu ini mudah sekali. Dalam sisa pembuatan tahu tentunya kita mengenal dengan yang namanya ampas tahu. Selain tahu nya yang memberikan anyak manfaat, ampas tahu juga punya manfaat tersendiri dan masih bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Terdapat beberapa macam pemanfaatan limbah ampas tahu yang baik sekali untuk kehidupan.

Pemanfaatan Limbah Ampas Tahu Untuk Dikonsumsi Kembali

Sebelum mengetahui manfaat dari ampas limbah tahu, ampas tahu sendiri merupakan zat yang terbuang dari proses pembuatan tahu. Di daerah perkotaan memangn ampas tahu ini kuarang dimanfaatkan dan banyak yang dibuang secara cuma-cuma. Pemanfaatan limbah ampas tahu ini banyak sekali manfaatnya yang bisa anda rasakan, diantaranya :

Dapat dikonsumsi oleh sapi karena ampas tahu ini mengandung kalori yang cukup tinggi. Kandungan gizi ampas tahu ini sangat baik sekali untuk pertumbuhan sapi. Sehingga tidak sedikit bagi peternak sapi terutama yang ada di perkampungan banyak yang membeli ampas tahu sebagai bahan untuk dikonsumsi sapi mereka. Karena sapi yang makan ampas tahu katanya lebih cepat gemuk.

Ampas tahu juga banyak diolah kembali menjadi bahan pokok makanan kita. Salah satunya dapat diolah kembali menjadi tempe yaitu yang dinamakan dengan tempe gambus. Dan biasanya banyak kita jumpai di daerah Jawa Tengah. Untuk proses pembuatannya biasanya dicampur dengan ragi. Ragi yang digunakan sama dengan ragi untuk membuat tempe kedelai. Harga dari tempe gambus ini memang lebih murah dibandingkan dengan tempe biasanya.

Selain diproduksi kembali menjadi makanan yang bisa dimakan oleh kita sebagai manusi dan juga hewan lainnya. Ampas tahu ini juga bisa kita manfaatkan sebagai pupuk organic. Ampas tahu ini bisa kita jadikan pupukorganik baik pupuk yang sifatnya cair maupun padat.


Mungkin anda bertanya-tanya mengapa ampas tahu ini sangat berguna sekali untuk kehidupan kita. Dalam ampas tahu ini terdapat beberapa kandungan yang sangat baik. Salah satunya dalam ampas tahu tersebut terdapat energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, fosfor dan juga vitamin B1. Untuk harga ampas tahunya sendiri relative murah. Dan biasanya banyak diincar oleh para peternak sapi agar sapinya cepat gemuk. Pemanfaatan limbah ampas tahu ini setidaknya dapat meminimalisisr limbah limbah agar tidak terbuang dengan sia-sia.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Ampas Tahu Untuk Dikonsumsi Kembali
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email