Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu Yang Sudah Tidak Terpakai

Anda tahu gula tebu? Bahan dasar dari gula tebu ini memang benar sesuai dengan namanya yaitu terbuat dari tebu. Tebu ini merupakan tanaman yang bukan hanya manis dirasa saja,tapi juga manis didalam karena memberikan banyak manfaat. Tentunya kita tahu yang namanya gula pasir. Bahwa gula pasir tersebut terbuat dari tebu. Memang tumbuhan ini tidak banyak kita jumpai di perkotaan, karena pada dasarnya tumbuhan ini banyak tumbuh di perkampungan. Karena memang dikarenakan pertumbuhan diperkotaan sudah tidak seperti di perkampungan lagi. Ciri khas dari pohon tebu ini bentuknya memanjang layaknya tanaman bambu. Dan jika kita menamam sela satu tahun, maka tebu ini sudah bisa kita panen. Pohon tebu ini banyak kita jumpai didaerah seperti di Pulau Sumatra dan juga Pulau Jawa. Dalam proses pembuatan gula pasir yang berbahan dasar tebu ini, tentunya kita tahu dalam tebu tersebut ada ampasnya. Nah, yang menjadi pertanyannya apakah ampas tebu tersebut masih bisa kita manfaatkan? Berikut akan diulas beberapa pemanfaatan limbah ampas tebu yang masih bisa anda manfaatkan untuk kehidupan anda dan sekitar anda.

Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu Yang Sudah Tidak Terpakai

Berikut beberapa pemanfaatan limbah ampas tebu yang bisa anda gunakan agar tidak terbuang dengan sia-sia :

Tidak disangka-sangka, ternyata ampas tebu tersebut juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tisu. Banyak sekali pabrik-pabrik tisu yang dalam pembuatannya menggunakan tebu sebagai bahan dasarnya.

Ampas tebu juga ternyata bisa kita gunakan sebagai bahan bakar, yaitu sebagai bahan bakar boiler yang biasanya digunakan di pabrik-pabrik gula. Selain itu juga ternyata ampas tebu ini bisa menggantikan gas LPG lainnya. Ampas tebu ini bisa kita gunakan juga sebagai bahan bakar rumah tangga.

Ampas tebu yang sering kita buang begitu saja, ternyata juga sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Ampas tebu ini bisa kita gunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organic yang sangat baik sekali untuk pertumbuhan tanaman dan banyak diincar oleh para petani kita saat ini. Dengan menggunakan pupuk organic tersebut setidaknya kita telah menggunakan pupuk yang aman sekali untuk pertumbuhan tanaman kita karena bebas dan terhindar dari bahan-bahan kimia lainnya.  Salah satu manfaatnya adalah menjadikan tanaman kita menjadi lebih subur dan cepat tumbuh.


Itulah ketiga manfaat yang bisa anda rasakan dari pengolahan ampas tebu. Dimana dengan mengolah ampas tebu tersebut setidaknya kita telah mengurangi bahaya limbah yang bisa mencemari lingkungan sekitar kita. Pemanfaatan limbah ampas tebu tersebut sudah banyak dipraktikan terutama oleh para petani di desa sebagai pupuk tanamannya. Memanfaatkan limbah setidaknya kita telah mengurangi bahaya pencemaran lingkungan.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu Yang Sudah Tidak Terpakai
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email