Cara Tepat Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur

Bagi sebagian orang telur adalah makanan yang sangat enak dan lezat, mereka hanya memandang telur sebagai makanan saja, sangat jarang orang melihat dari sisi kreatifitas yang ditampilkan oleh cangkang telur. Cangkang telur hanya dibuang dan dijadikan limbah atau sampah yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Padahal jika anda melakukan pemanfaatan limbah cangkang  telur maka kreatifitas dalam hal keindahan, daya jual, dan kerajinan bisa anda dapatkan didalamnya. Ada banyak sekali manfaat cangkang telur untuk kehidupan sehari hari, dari pada hanya dibuang dan menambah sampah di rumah anda, apalagi jika tertimbun berhari hari malah akan menyebabkan bau akibat sisa sisa telur yang membusuk.

Cara Tepat Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur

Berikut ini adalah pemanfaatan limbah cangkang telur yang bisa anda coba dirumah, antara lain :

Menghaluskan tumit
Jika anda memiliki tumit pecah pecah dan tampak jelek atau kasar, maka anda tidak perlu khawatir. ternyata cangkang telur bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan hal ini. caranya cukup dengan menggosokkan cangkang telur yang sudah dihancurkan, jika sudah kering maka segera bilas dengan air bersih. Perlu anda ketahui bahwa didalam cangkang telur terdapat zat yang bisa menghaluskan.

Masker
Bagi wanita yang selalu merawat wajah sangat direkomendasikan masker dari bahan cangkang telur ini, caranya bersihkan cangkang telur hingga kering, kemudian tumpuk hingga halus. Campurkan serbuk cangkang dengan putih telur, kemudian oleskan sebagai masker ke wajah anda. ketika sudah kering maka segera cuci dengan air bersih. Maka kulit wajah anda akan tampak bersih, kencang serta halus.

Pupuk
Siapa sangka cangkang telur bisa anda manfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Kulit telur yang ada didalam cangkang ternyata memiliki kandungan kalsium. Cara pembuatan pupuk cangkang ini cukup mudah, anda hanya perlu menumpuknya hingga lembut dan sebarkan ke tanaman, kandungan kalsium akan keluar dan diserap oleh tanaman.

Pembersih panci
Cangkang telur bisa juga digunakan untuk membersihkan panci. Bagian panci yang paling bawah biasanya berwarna hitam, dan jika digosok maka warna hitamnya malah akan menular kepada benda yang digunakan untuk menggosok, oleh karena itu gunakanlah cangkang putih. Caranya anda cukup menggosokkan cangkang yang sudah dihancurkan ke bagian bawah panci tersebut.

Iritasi pada kulit
Iritasi yang terjadi pada kulit sangat mengganggu kegiatan sehari hari, untuk mengatasinya cobalah menggunakan cangkang telur, caranya dengan memasukkan cangkang kedalam cuka sari apel, rendal 2 hingga 3 hari, dan oleskan kekulit yang iritasi.

Manfaat limbah cangkang telur lainnya masih banyak lagi, seperti untuk wadah lilin, hiasan di bunga, pembasmi hama, sebagai perban dan lainnya. jika anda tertarik dengan pemanfaatan limbah cangkang telur  maka anda bisa menggunakannya untuk hal hal diatas.

Artikel Terkait

Cara Tepat Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email