Pemanfaatan Limbah Hardware Komputer yang Menguntungkan

Pemanfaatan limbah hardware komputer - Saat ini, komputer bukanlah menjadi barang mewah lagi. Kebutuhan akan penggunaan komputer di berbagai bidang mendasari penggunaan komputer tersebut. Karena kebutuhan dan fungsinya yang tidak dapat digantikan dengan benda yang lain, komputer dihadirkan dalam bentuk lipat yang dikenal dengan laptop. Komputer lipat ini sangat mudah dibawa kemana pun saat dibutuhkan. Untuk memastikan fungsi komputer dapat dirasakan oleh semua kalangan, penjualan komputer dihargai dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ditetapkan pada jaman dahulu. Tidak hanya komputer saja yang dihargai dengan harga yang lebih murah, penjualan perangkat keras atau hardware kini dihargai dengan harga yang lebih murah pula. Harga hardware yang murah memungkinkan masyarakat untuk membeli hardware dalam jumlah yang banyak dengan fungsi yang berbeda-beda. Kondisi ini membuat hardware yang tidak berguna dibuang begitu saja. Padahal limbah hardware dapat dijadikan barang berharga jika diperlakukan dengan baik.

Pemanfaatan Limbah Hardware Komputer yang Menguntungkan

Limbah hardware yang kerap tidak digunakan lagi adalah mause. Benda yang digunakan untuk menunjuk kursor ini kerap tidak digunakan lagi jika berada dalam kondisi rusak. Karena harga mouse yang baru berharga murah, pengguna lebih memilih membeli mouse yang baru daripada memperbaikinya. Jika sudah begitu, mouse hanya dapat dijadikan barang rongsokan saja. Daripada membuang perangkat keras ini, Anda dapat menggunakannya sebagai barang yang lebih bermanfaat. Pemanfaatan limbah hardware komputer yang terbuat dari mouse dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Berikut cara memanfaatkan limbah hardware komputer menjadi barang yang lebih berguna:

Barang yang diperlukan
  • Mouse bekas
  • Cat
  • Kuas ujung kecil
  • Gunting

Cara membuat
Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan memotong kabel yang berada pada mouse. Setelah itu bersihkan mouse dengan menggunakan lap bersih. Setelah bersih, Anda dapat melukis sebuah gambar pada mouse dengan bantuan kuas. Selain menggambar objek lukisan, gambar dengan aliran abstrak dapat dipilih karena bentuknya yang tidak biasa. Setelah objek berhasil di bentuk, lukis badan mouse dengan menggunakan cat. Diamkan beberapa saat hingga cat mengering.


Mouse yang telah dihias dapat Anda gunakan sebagai hiasan meja kerja. Karena bentuknya yang kecil dengan desain gambar yang menarik, penampilan mouse terlihat imut dan lucu. Mouse yang lucu ini sangat sesuai diletakkan di meja kerja untuk membuang stress yang sedang melanda. Anda juga dapat menggunakan mouse unik ini sebagai barang koleksi pribadi. Dengan adanya pemanfaatan limbah hardware komputer yang menarik ini, Anda akan mengurangi jumlah limbah komputer yang ada. Cara ini sangat baik dilakukan demi mengurangi limbah komputer yang ada. Jika Anda tertarik dengan cara ini, secara tidak langsung Anda telah melakukan perbuatan yang dapat mengurangi jumlah limbah komputer.

Artikel Terkait

Pemanfaatan Limbah Hardware Komputer yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email